Pagi ini saya mendapatkan pertanyaan melalui blacberry messenger group atau bbm group dari salah seorang binaan di gimb foundation, pertanyaan sangat sederhana menurut saya, akan tetapi, membutuhkan jawaban yang sangat spesifik dan menjurus kepada hal yang sangat mendasar.

Pertanyaan tersebut berhubungan dengan isu pemasaran yang sering dihadapi oleh para pemasar dimanapun berada, apalagi kalau dihubungkan dengan seorang entrepreneur yang menjalankan bisnis mereka.

Unique selling point atau yang lebih dikenal dengan usp adalah hal yang sangat stratejik buat pemasar dimanapun mereka berada. Hal ini berhubungan dengan persepsi yang nantinya ada dibenak konsumen.

Unique selling point pada prinsipnya adalah berasal dari konsep diferensiasi atau differentiation dalam marketing. Unique selling point menunjukkan bagaimana suatu produk yang dilihat adalah aspek keunikan dari produk tersebut.

Kejelian seorang entrepreneur menonjolkan keunikan produk mereka kepada pasar adalah sangat penting. Tuntutan kepada para entrepreneur agar memahami dua hal dalam bisnis mereka.

Yang pertama adalah bagaimana memahami perilaku konsumen atau consumer behavior. Perilaku konsumen ini berhubungan dengan bagaimana konsumen berperilaku mulai mereka menemukan masalah, mencari alternatif solusi, mengevaluasi alternatif, memutuskan dan sikap mereka setelah keputusan.

Persepsi adalah salah satu dari consumer behavior tersebut dalam konteks bagaimana kita melihat persepsi pasar terhadap produk kita. Dari persepsilah dapat diketahui posisi produk kita dibenak konsumen.

Aspek kedua adalah bagaimana menemukan keunggulan produk kita dari para pesaing. Hal ini menjadi dasar buat diferensiasi dan akhirnya unique selling point.

Gabungan kedua inilah yaitu consumer behavior dan keunggulan produk yang kita jadikan unique selling point atau usp.

Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: