Dalam acara sharing moment hari ini, saya harus berbicara tentang bagaimana mengelola proses bisnis kita. Hal ini lebih dikenal dengan business process management atau BPM. Secara sederhana, dapat dipahami bahwa salah satu aspek dalam mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage bagi peruahaan adalah melalui pengelolaan proses bisnis kita tersebut. 

Kenapa demikian? kita akan selalu mengacu kepada konsep bisnis itu sendiri. Bisnis bertujuan untuk mencapai profit, people dan planet serta terjadinya sustainability dalam bisnis tersebut. Profit adalah tujuan utama dalam bisnis itu sendiri dan profit merupakan selisih dari total revenue dengan total cost. 

Adapun peran dari proses bisnis itu sendiri adalah dalam peningkatan total revenue dan mengurangi total cost dalam perusahaan. Oleh karena itu, jelas sekali bahwa pengelolaan daripada proses bisnis perusahaan akan sangat menentukan keberhasilan kita dalam mencapai keunggulan bercsaing. 

lalu, apa itu manajemen proses bisnis atau business process management? secara konseptual, Manajemen Proses Bisnis (BPM) adalah sebuah pendekatan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi melalui pembangunan otomatisasi proses dan ketangkasan untuk mengelola perubahan. 

Konsep awal yang dibangun dalam bpm ini adalah bagaimana setiap proses yang ada dalam perusashaan menjadi efektif dan efisien. Apa saja? Mengacu kepada fungsi-fungsi manajemen, terlihat bahwa setiap kegiatan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia harus benar-benar mampu ditata, dikelola menjadi suatu rangkaian kegiatan yang terstruktur dan terarah. 

Jadi, sekarang, marilah kita mulai memperhatikan setiap kegiatan atau aktivitas dalam perusahaan kita dan kemudian, dikelola dengan baik agar mampu menghasilkan output dan outcome yang efektif dan efisien. Ingat, tujuan perusahaan utamanya adalah menghasilkan profitabilitas yang maksimal bagi perusahaan dan pemegang saham.
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: