Tak habis-habisnya membahas komunikasi. Komunikasi oleh setiap entrepreneur.keterampilan ini wajib dimiliki. Selain itu, harus di tingkatkan. Begitukah?

Betul sekali. Komunikasi bisa meningkatkan kualitas kerja. Akan tetapi, sebaliknya, bisa juga menghancurkan kualitas kerja. Apalagi bagi bisnis. Bisa tutup bisnis kita.

Apa yang harus dilakukan? Pertama, pahami esensi dari komunikasi. Menyampaikan pesan. Efektif itu tepat sasaran. Efisiensi itu, sesuai anggaran. Kedua, memahami proses komunikasi. Dalam proses ini ada sender, media, pesan, receiver, feedback, response dan noise.

Ketiga, memahami receiver kita. Atau penerima pesan kita. Pemahaman pada mereka jadi penting sekali. Knowledge, skill dan attitude mereka harus dipahami.

Keempat, memanfaatkan komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi verbal berhubungan dengan kata-kata. Non verbal, tidak dengan kata-kata. Kelima, menggabungkan kedua jenis komunikasi ini secara bersamaan.

Keenam, terus berkomunikasi secara intens dengan karyawan. Hal ini penting dilakukan. Demi saling kesepahaman. Karena, inilah tujuan komunikasi.

Ketujuh, lakukan evaluasi atas komunikasi yang dijalankan. Evaluasi itu penting. Buat menilai kesesuaian komunikasi dengan tujuan. Intinya, efektif dan efisien kah?

Terakhir, lakukan perbaikan atas komunikasi tersebut. Inilah yang harus dilakukan para entrepreneur. Sukses buat kita semua...
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

Merizahendri.com

Post A Comment:

1 comments so far,Add yours

  1. Bagaimana evaluasi atas komunikasi yang harus dilakukan bagi seorang marketing?

    BalasHapus