Strategi sangat dibutuhkan oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis dan hal ini semakin terasa ketika lingkungan berubah begitu cepat, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Hal ini terlihat kemaren ketika bertemu dengan beberapa entrepreneur yang memang sudah menyadari pentingnya strategi bagi bisnis mereka.

Apalagi saat ini, dimana sudah menjelang akhir tahun yang notabene pastinya setiap entrepreneur membutuhkan kerangka kerja untuk tahun 2015. Tinggal satu bulan lagi dan mereka harus membuat budgeting dan perencanaan bisnis tahun depan.

Konsep strategi yang penting bagi setiap entrepreneur adalah ketika mereka menyusun rencana kerja untuk satu tahun kedepan. Akan tetapi, tidak hanya itu saja, juga berhubungan dengan bagaimana melihat perubahan lingkungan bisnis tahun depan yang pastinya akan menentukan dan mempengaruhi jalannya bisnis.

Focus menyusun strategi ini relevan dengan bagaimana entrepreneur harus memperhatikan lingkungan internal diri mereka sendiri, lingkungan internal bisnis dan juga lingkungan eksternal dimana ketiga lingkungan tersebut akan menentukan berhasil atau tidaknya seorang entrepreneur dalam berbisnis.

Lingkungan-lingkungan tersebut nantinya harus dilihat secara objektif dan bagaimana dampaknya pada bisnis setiap entrepreneur yaitu berupa kekuatan atau kelemahan serta peluang dan ancaman yang setiap waktu akan mempengaruhi bisnis tersebut.

Konsep dasarnya adalaha bagaimana entrepreneur bisa mengoptimasi kekuatan dan peluang yang ada sembari meminimalisir kelemahan dan ancaman yang datang setiap saat. Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi ini harus dihadapi oleh entrepreneur dan sudah saatnya mereka focus membuat strategi.  
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: