Salah satu tantangan entrepreneur saat ini adalah bagaimana perubahan lingkungan bisnsis yang begitu cepat dan bahkan menjadi ancaman bagi keberlangsungan bisnis mereka sendiri. Ancaman yang pastinya akan berdampak pada perusahaan saat ini dan yang akan datang.

Suka tidak suka, tantangan entrepreneur itu berhubungan dengan permasalahan yang ada di tiga faktor yaitu diri mereka sendiri, lingkungan internal bisnis dan juga lingkungan eksternal bisnis. Ketiga hal ini menjadi faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis setiap entrepreneur untuk mencapai kesuksesan.

Pertama adalah faktor diri seorang entrepreneur. hal ini berhubungan dengan bagiamana diri mereka itu berpengaruh pada pengelolaan diri dan sumber daya yang ada di perusahaan. Seringkali entrepreneur bisa mengelola emosi dan kekuatan diri dengan baik sehingga dapat berkontribusi pada penciptaan bisnis dengan baik.

Sebaliknya, ada juga emosi mereka yang lagi tidak stabil sehingga juga berdampak kepada perjalanan bisnis itu sendiri. Hal ini penting untuk dianalisis karena emosi itu membuat bisnis mereka terpengaruh dan berdampak negative.

Lingkungan kedua yang harus menjadi perhatian adalah linkungan internal bisnis setiap entrepreneur. hal ini berhubungan dengan konsep Resources Based Value yang dikembangkan oleh Barney dimana entrepreneur harus focus kepada kapabilitas dalam perusahaan mereka. ada fungsi manajemen keuangan, pemasaran, business process dan juga sumber daya manusia yang dimiliki oleh bisnis entrepreneur.

Lingkungan eksternal adalah menjadi lingkungan terakhir yang menjadi penting bagi entrepreneur. disini, ada faktor lingkungan eksternal mikro dan makro yang bisa menjadi peluang dan ancaman yang selalu ada di sekitar bisnsi entrepreneur. inilah yang menjadi tantangan entrepreneur untuk sukses dengan mengelola setiap lingkungan tersebut. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: