Komentar teman2 tenaga kerja indonesia di korea selatan....

Mantaff... oya temen2 pekerja disini termasuk saya berpikiran ketika pulang ke indonesia nanti yang penting punya uang/modal kemudian buka usaha inssalah akan sukses tetapi ternyata tidak sedikit dari mereka yang gagal dan ahirnya memilih kembali bekerja ke sini lagi.

Saya dan teman2 itu tidak mempunyai konsep usaha yang jelas, pecatatan keuangan yg baik dan lain sebagainya artinya kami memulai usaha tidak menggunakan sistem yang baik(asal jalan saja) memang ada beberapa yg berhasil tapi biaya try and erornya sangat tinggi.

Bagaimana caranya ketika saya atau teman2 pulang nanti bisa saya arahkan agar mempunyai mentor untuk mempersiapkan Sistem agar bisa berhasil dalam usahanya.
Terimakaaih.

Pada dasarnya, masaalah ni hampir sama dihadapi oleh teman2 yg sdh bekerja di luar negeri. Kemaren sy jg kedatangan tamu teman yg sdh bekerja di arab saudi 9 tahun dan bingung mau bisnis apa.

Sy lihat, ada hal mendasar yg jd masalah, pertama, dari diri sendiri. Apa potensi diri dan passion teman2 untuk berbisnis. Kalau potensinya berhubungan dengan kuliner dan senang, bisa dijadikan dasar untuk pilihan bisnis.

Lalu, apa pengetahuan dan pengalaman serta ilmu, skill dan attitude yg didapat dari sana. Itu tambahan dalam berbisnis. Kemudian, lihat peluang, hal ini bisa di tempat tinggal ataupun korsel, yg bisa kita penuhi. Kedua hal inilah yg harus digabung, antara kekuatan diri dan peluang

Oleh karena itu, mulailah menganalisis diri, dari aspek potensi diri, passion, knowledge, skill dan atitude. Lalu, mencari peluang di indonesia sendiri ataupun di korea selatan. Apa yg dibutuhkan pasar disana dan apa yg busa di bawa dari indonesia.

Atau juga peluang di daeraah kelahiran, spt pariwisata, lembaga pendidikan, manufaktur dan lain-lain So....let's prepare from now on

Teman-temandi korsel menanggapi ; Betul sekali coach, pada dasarnya mungkin permasalahan saya dan teman2 sama. Jika kami sudah memahami hal yg di sampaikan di atas Langkah kongkritnya sekarang ketika saya dan teman2 pulang bisakah coach meriza dan kawan2 mendampingi untuk menjadi bisnis coach buat saya dan teman2.

InsyaAllah mas
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: