Sebagai seorang entrepreneur, tentu diharapkan mampu melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan bisnis mereka sendiri. Aktivitas tidak boleh asal dan bahkan merugikan bisnis mereka disaat setiap entrepreneur lainnya mencari keunggulan dari bisnis.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu membuat peta akan bisnis mulai dari Hulu sampai Hilir yaitu dari supplier, input, process, output dan juga konsumen. Hal ini terjadi dalam setiap bisnis entrepreneur dan berlaku secara berulang-ulang.

Kegiatan yang ada dalam proses bisnis di atas harus durai satu-satu dan didalami oleh setiap entrepreneur. bagaimana berhubungan dengan supplier yang menyedikan berbagai bahan baku untuk diproses oleh setiap entrepreneur. oleh karena itu, beberapa aktivitas yang relevan adalah bagaimana memcari supplier yang bisa menawarkan produk berkualitas, harga kompetitif, bisa menjaga keberlanjutan dalam stok barang, bisa mengantarkan barang serta term of payment yang longgar.

Kegiatan input diarahkan bagaimana proses pengiriman bahan baku ke perusahaan dengan menggunakan armada yang tepat, waktu yang tepat, tidak ada kesalahan dalam pengiriman serta penyimpanan bahan baku ke dalam gudang yang sudah disiapkan oleh entrepreneur. pengelolaan gudang menjadi penting sesuai dengan standar warehouse management.

Kegiatan selanjutnya adalah bagaimana proses produksi dari setiap bisnis yang ada sehingga proses ini bisa membuat proses produksi menjadi efektif dan efisien. Efektif dengam menggunakan standar kualitas serta tingkat defect yang rendah. Demikian juga dengan proses produksi sesuai dengan anggaran yang ada.

Kegiatan yang berhubungan dengan output dalam bisnis harus dikontrol karena dalam hal ini proses penghantara produk kepada konsumen dengan menggunakan pihak ketiga seperti perusahaan jasa kiriman. Deal-deal dengan perusahaan tersebut harus diperhatikan karena menentukan biaya dan kualitas pengiriman.

Yang terakhir adalah bagiamana entrepreneur bisa melayani konsumen dan memberikan nilai yang paling tinggi kepada konsumen. Selain itu, membuat mereka loyal dengan membuat database yang tepat kepada konsumen.  

tuIisan ada di www.juaranews.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: