Acara belbiz pada hari Minggu, 25 Januari 2015 yang lalu membahas salah satu tema yang pastinya sangat dinantikan oleh setiap entrepreneur yaitu bagaimana entrepreneur fokus pada pengelolaan jasa yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumen mereka. hal ini berhubungan dengan service excellence yang sangat penting untuk menjadi kunci sukses dalam menghadapi persaingan bisnis ditengah tingginya pesaing untuk mendapatkan hati para konsumen.

Materi service excellence dibawakan oleh Meriza Hendri yang memang menjadikan tema ini sangat relevan dengan aktivitas sehari-hari para entrepreneur. Untuk membawakan contoh-contoh pelaku bisnis, yang menjadi sumber inspirasi untuk acara ini adalah bambang irawan, owner ayam dower yang memang fokus pada bisnis rumah makan. Tentu tidak bisa dilepaskan dari konsep bisnis yang dibahas yaitu service excellence.


Pembahasan malam itu dibantu  oleh penyiar yang selama ini selalu menemani sahabat K-Lite dalam acara Belbiz, di Radio K-Lite yaitu Dina. Bahasan diawali dengan pentingnya seorang entrepreneur untuk mengelola service excellence yaitu aktivtas dalam melayani konsumen untuk bisa mencapai kepuasan konsumen dimana layanan tersebut bisa mencapai kondisi sama atau diatas yang diharapkan oleh mereka.

Service ini harus memperhatikan konsep TERRA, kata Meriza dalam bahasan yang diberikan secara sederhana dan langsung diberikan contoh real yang bisa diambil oleh setiap entrpeeneur.  TERRA merupakan singkatan yang harus dipahami dengan baik oleh entrepreneur karena dengan konsep ini, dapat memberikan layanan kepada konsumen.

T itu adalah singkatan dari tangible dimana entrepreneur harus bisa melakukan hal-hal penting untuk memperlihatkan atau menampakkan sesuatu yang tidak tampak untuk terlihat dengan baik dimata konsumen. E adalah empathy atau merasakan apa yang dirasakan oleh setiap konsumen. Hal ini penting sebagai dasar untuk memberikan layanan kepada mereka.

R yang pertama berhubungan dengan responsiveness atau daya tanggap yang diberikan kepada setiap konsumen ketika mereka meminta sesuatu dari entrepreneur. R kedua adalah berhubungan dengan reliability dimana terjadi kesesuaian antara yang dijanjikan dengan yang diterima oleh entrepenuer. Adapun A berhubungan dengan assurance atau jaminan kepada setiap konsumen tentang apa yang mereka ketahui tentang entrepreneur itu sendiri.


Hal ini diberikan contoh juga oleh Bambang dalam bisnis Ayam Dower yang memang fokus dalam menghasilkan produk berbasis ayam khas Cirebon. Kuis dan Tanya jawab juga diberikan kepada entrepreneur atau sahabat K-Lite yang mendapatkan voucher GIMB dan juga voucher makan dari Ayam Dower 

Oleh Meriza Hendri, founder Strabiz Management Consulting dan founder GIMB Foundation
 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: