Tadi malam, acara Belajar Bisnis atau yang lebih dikenal dengan Belbiz on Radio K-Lite 107,1 FM membahas salah satu tema yang sangat penting bagi entrepreneur yaitu bagiamana membuat konsumen puas terhadap produk, baik berupa jasa ataupun barang yang dihasilkan. Mungkin sebagian besar orang sudah terbiasa mendengar konsep kepuasan konsumen. Akan tetapi, bagaimana implementasi dalam kehidupan bisnis mereka?

Bahasan ini diberikan oleh sahabat Meriza dan sahabat Agus santoso serta dipandu oleh sahabat Candra. Meskipun bertiga, akan tetapi, bahasan sangat tajam dan berhubungan dengan hal-halyang sangat spesifik dan sederhana yang seharusnya dapat dipahami dengan baik oleh setiap entrepreneur dan nantinya dimanfaatkan dalam kegiatan bisnis yang sangat penting saat ini karena tingginya tingkat persaingan.

Sahabat Meriza menjelaskan bagaimana competitive landscape saat ini dan menuntut setiap entrepreneur untuk terus memperhatikan kepuasan konsumen dalam bisnis mereka. kepuasan konsumen seharusnya menajdi tujuan utama sehingga nantinya konsumen dapat merasakan bagaimana bisnis mereka dapat berkelanjutan di tengah persaingan yang begitu tinggi. Tidak bisa diabaikan oleh wirausaha tingkat persaingan ini.

Oleh karena itu, konsep kepuasan konsumen harus dipahami dengan sebaik mungkin untuk menciptakan nilaiyang optimal. Kepuasan konsumen menjadi salah satu konsep yang dapat memberikan daya than yang optimal dalam menghadapi pesaing. Konsep kepuasan konsumen menggambarkan rasa senang yang dimiliki konsumen ketika performance (kinerja) lebih besar atau sama dengan Expectation atau harapan yang ada di benak konsumen.



Dua konsep inilah yang harus menjadi perhatian utama setiap entrepreneur dalam bisnis. Hal ini semakin dijelaskan oleh sahabat agus denganmemberikan contoh-contoh aplikasi dari konsep kepuasan konsumen dan juga bagaimana seharusnya seorang entrepreneur memanfaatkan konsep ini dengan baik. Contoh-contoh yang diberikan juga sangat sederhana sehingga mudah dipahami dan dijalankan oleh setiap entrepreneur.

Untuk meingkatkan minat sahabat K-Lite untuk belajar, juga disediakan voucher untuk mendapatkan kesempatan belajar di GIMB Entrepreneur School selama 3,5 bulan. Kesempatan belajar dengan coach dan mentor serta teman-teman wirausaha yang sudah memiliki pemahaman dan pengalaman bisnis yang sangat dalam sehingga dapat mempercepat pengembangan bisnis mereka dengan baik. Inilah yang perlu dipahami oleh wirausaha.


Pada akhirnya, Sahabat Meriza menyampaikan tips utama untuk membuat konsumen puas dan apa yang harus dilakukan oleh setiap wirausaha. Pada intinya, entrepreneur harus bisa memahami harapan setiap konsumen. Ini penting karena inilah awalh dari upaya membuat konsumen puas. Lalu, jangan terlalu banyak janji karena dengan janji itu akan mempengaruhi upaya kepuasan konsumen. Kemudian, buatlah produk yang bisa memberikan kinerja yang optimal bagi bisnis wirausaha.  

Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: