Setiap entrepreneur adalah pelayan,…. Rasanya pernyataan ini tidaklah berlebihan bagi setiap entrepreneur ketika mereka akan mendapatkan value dari konsumen yang pastinya sudah selalu menuntut untuk diberikan layanan oleh para entrepreneur. Saya menjadi sangat tertarik untuk mendalami konsep ini karena semakin kesini, semakin tinggi penawaranyang diberikan oleh pesaing kepada konsumen.

Kalau boleh dibilang, pesaing fokus kepada layanan yang bisa mereka berikan kepada konsumen sehingga dapat mengganggu konsumen untuk berpindah ke mereka dan mencoba layanan tersebut. Tentu hal ini adalah nyata dan tidak bisa ditolak ketika persaingan sudah pada titik dimana setiap orang bebas memberikan layanan kepada calon konsumen dan bahkan konsumen kita sendiri. Tidak bisa disalahkan pesaing tersebut.


Oleh karena itu, saatnya setiap entrepreneur perlu menyadari bahwa layanan sudah menjadi demand setiap konsumen. Demand dimana mereka menuntut layanan yang terbaik bagi mereka. dengan layanan seperti inilah setiap konsumen akan merasakan kepuasan yang sejatinya menjadi tujuan layanan kepada konsumen.

Layanan terbaik ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur mampu memberikan layanan yang sama ataupun melebihi harapan konsumen yang nantinya dapat membuat mereka puas atau kecewa. Ketika mereka mampu mendapatkan layanan yang sama atau melebihi harapan konsumen, maka konsumen cenderung puas. Akan tetapi, sebaliknya, ketika mereka mendapatkan layanan kurang dari apa yang diharapkan, mereka akan kecewa.

Layanan terbaik ini bukanlah jor-joran kepada kepa konsumen dengan pengorbanan yang optimal. Itu bukan konsep yang terbaik. Akan tetapi, terbaik dalam konteks ini adalah bagaimana menyesuaikan kondisi internal perusahaan serta demand yang diajukan oleh konsumen. Demand ini berarti bahwa keinginan konsumen yang didukung oleh daya beli mereka masing-masing. Daya beli yang mampu membuat setiap konsumen memberikan value kepada entrepreneur.

Dalam hal ini, tentu sudah menjadi perhatian khusus setiap entrepreneur memberikan yang terbaik kepada konsumen agar mereka puas. Akan tetapi, tetap tidak membuat perusahaan mereka dalam keadaan merugi yang pada akhirnya tutup.

So, fokuslah kepada layanan terbaik dengan tetap memperhatikan internal perusahaan agar perusahaan tetap bisa unggul dalam setiap persaingan. Layanan terbaik menjadi penting saat ini ketika banyak perusahaan memperebutkan konsumen.  

Meriza Hendri
TUlisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: