Kemaren sore, saya memberikan coaching kepada salah satu binaan GIMB dan membahas apa yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur ketika menghadapi berbagai perubahan lingkungan yang begitu cepat dan menuntut setiap entrepreneur untuk bisa mencapai keunggulan bersaing setiap saat agar kinerja bisnis mereka tetap bagus sesuai dengan target yang sudah ditetapkan oleh entrepreneur itu sendiri.

Ada satu konsep dasar yang harus dipahami dan dimanfaatkan oleh entrepreneur yaitu bagiamana mereka bisa mendapatkan peluang dari pemerintah yang notabene berperan sebagai regulator dalam bisnis mereka. lingkungan bisnis sangat kental dengan pengaruh lingkungan politik yang dihasilkan oleh pemerintah dalam bentuk kebijakan ataupun keputusan yang pastinya memberikan pengaruh kepada bisnis setiap entrepreneur.

Politik ini bisa saja memberikan pengaruh berupa peluang atau ancaman dan disinilah setiap entrpeeneur dituntut untuk bisa mendalami dan menganalisis dengan baik apa dampak dari setiap perubahan lingkungan politik tersebut. Hal utama yangharus dilakukan adalah bagaimana menilai setiap perubahan lingkungan dengan baik agar tidak terjebak dengan hal-hal yang salah untuk bisnis mereka. inilah tantangan yang paling berat.

Entrepreneur dituntut untuk bisa memanfaatkan seluruh peluang yang ada di sekitar mereka dan salah satunya adalah peluang yang berasal dari pemerintah. Pemerintah memiliki kepentingan yang luar biasa bagi setiap wirausaha dan saatnya seorang wirausaha untuk bisa memanfaatkan setiap program yang sudah dibuat oleh pemerintah untuk pengambangan bisnis wirausaha. Hal ini dpat dilihat dari banyak program yang ada pada setiap kementrian yang berhubungan dengan wirausaha dalam menjalankan bisnis.

Salah satu program yang perlu dicermati adalah program yang dikembangkan oleh Dinas KUMKM di setiap provinsi yang ada di Jawa barat. Dinas ini memiliki program-[rogram yang relevan dengan pengembangan bisnis dari setiap entrepreneur dan mereka juga memiliki anggaran yang tidak sedikit untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki oleh wirausaha. Bisa dibayangkan bila entrepreneur bisa memanfaatkan peluang ini.


Oleh karena itu, entrepreneur perlu mulai cerdas  melihat setiap program yang dimiliki pemerintah dan relevan dengan bisnis masing-masing. Hal ini untuk mejadikan setiap wirausaha mampu merebut setiap peluang yang ada untuk pengembangan bisnis mereka masing-masing. Ingat, pemerintah sangat membutuhkan wirausaha untuk kemajuan ekonomi dan juga membuka lapangan pekerjaan yang sejatinya bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. 

Inilah salah satu bahasan dalam buku the powerful of triangle yang dibahas dalam program Nubiz, yang muda yang berbisnis minggu lalu di Bandung TV dengan menghadirkan Pak Kunto dan Pak Meriza selaku penulis buku ini. Hanya saja, pak iwan berhalangan hadir dalam bahasan buku yang pastinya sangat sangat bermanfaat bagi setiap wirausaha yang ingin mengembangkan bisnis dan juga setiap orang yang berkomitmen untuk mengembangkan entrepreneur muda sukses dengan komunitas.  
Tulisan ada di www.nubizontv.com

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: