Bicara tentang entrepreneurship, rasanya tidak perlu lagi diperdebatkan karena berhubungan dengan bagaimana setiap orang mampu melihat atau menciptakan peluang dan merubahnya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis dalam bentuk bisnis yang bisa memberikan manfaat bagi diri mereka masing-masing, orang lain dan juga alam dalam jangka panjang serta bisa tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Entrepreneurship begitu penting bagi setiap orang sehingga hampir seluruh stakeholder berkomitmen untuk mengembangkan entrepeneurship sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas yang mereka miliki masing-masing. Inilah yang didapat dari program Nubiz special yang dihadiri oleh Bapak Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat minggu lalu. Memang shootingnya sudah dilakukan pada pertengahan Desember 2014, akan tetapi, sharingnya sangat bermanfaat.



Value bagi stakeholder
Dari acara Nubiz tersebut, dapat diambil pelajaran bahwa setiap wirausaha perlu mengetahui dan memanfaatkan apa yang ada di pemerintah untuk mencapai kesuksesan. Pemerintah Jawa Barat memiliki kepentingan bagaimana wirausaha itu bisa sukses dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada di Jawa barat  karena dengan menjadi wirausaha, para generasi muda akan mampu memberikan manfaat bagi provinsi ini.

Pembukaan lapangan pekerjaan, pentingkatan kesejahteraan mereka masing-masing dan juga masyarakat sekitar dimana semakin sejahtera dan berkembang bisnis masing-masing wirausaha, akan berdampak kepada lingkungan dengan memberikan berbagai kegiatan amal seperti zakat, sedekah dan lain-lain. Selain itu, terlihat pemerintah berkeinginan untuk menjalankan berbagai program pengembangan wirausaha.

Inilah potensi yang harus dimanfaatkan oleh setiap wirausaha dalam rangka menumbuhkembangkan bisnis mereka. ketika mengetahui need dan want dari stakeholder, akan semakin memudahkan wirausaha untuk sukses dengan pemerintah. Inilah yang menjadi dasar value yang harus diperhatikan dan diberikan oleh wirausaha kepada pemerintah selaku salah satu stakeholder utama dalam pengembangan wirausaha.

Oleh karena itu, wirausaha diharapkan mampu melihat dan memahami apa yang dibuthkan oleh pemerintah kepada mereka. salah satunya adalah bagaimana bisnsi wirausaha dapat meningkatkan potensi daerah agar bisa dibuat menjadi produk yang bisa dinikmati oleh banyak orang dan mengenalkan nama Jawa barat di tingkat nasional ataupun internasional. Tentu hal ini akan bisa menjadi point utama bagi wirausaha untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Selain itu, mampu membuka lapangan pekerjaan kepada banyak orang. Tentu membuat pemerintah akan berterimakasih karena bisa berkontribusi dalam menjalankan sebagian tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Demikian juga dengan meningkatkan pendapatan asli daerah dengan membayar pajak kepada Negara karena menjadi salah satu sumber penerimaan daerah dalam rangka membangun negeri ini.

Yang tak kalah penting adalah bagaimana usaha setiap wirausaha bisa mencapai keberhasilan dalam jangka panjang dan tumbuh serta berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Tentu pemerintah berharap akan hal ini karena diharapkan mereka akan bisa bertahan dalam jangka panjang.


Oleh karena itu, saatnya wirausaha untuk terus fokus dalam memahami need dan want pemerintah untuk dijadikan sebagai dasar dalam membangun value kepada mereka. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: