Ada satu pertanyaan yang selalu ditanyakan ketika berdiskusi dengan banyak orang tentang bagaimana memberikan layanan yang paripurna kepada konsumen secara efekfit dan efisien. Layanan yang pastinya sangat penting untuk mencapai keunggulan bersaing dalam bisnis di tengah tingginya tingkat kompetisi dari berbagai arah. Tidak bisa diabaikan oleh setiap entrepreneur karena bila itu terjadi, maka akan mengalami kebangkrutan.

Tentu tidak mudah untuk memberikan layanan kepada konsumen yang sangat membutuhkan aspek tersebut. Namun demikian, tetap saja ada satu indikator yang paling penting untuk dipahami ketika memberikan layanan kepada konsumen yang pastinya sangat berhubungan dengan apa yang dibutuhkan oleh setiap mereka. dengan pemahaman yang baik tentang konsep ini, akan membantu entrepreur untuk sukses dalam memberikan layanan.



Apa itu? Bagaimana seorang entrepreneur mampu memiliki empathy kepada setiap konsumen. Mungkin banyak yang tahu apa itu empathy akan tetapi banyak juga yang belum memahami dengan baik konsep empathy tersebut sehingga terjemahannya juga menjadi berbeda-beda. Ketika itu terjadi, tentu tidak semua orang akan mampu memberikan empathy kepada konsumen dengan baik sehingga keluarannya juga menjadi berbeda-beda.

Empathy merupakan konsep dasar bagi setiap entrepreneur dalam memberikan layanan. Konsep ini berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur mampu merasakan apa yang dirasakan oleh setiap konsumen. Kemampuan ini benar-benar penting. Ketika seorang enterpeneur bisa menduga apa yang dirasakan oleh konsumen, maka dia akan serta merta bisa menebak apa yang dibutuhkan oleh konsumen kepada mereka.

Empathy ini harus dimulai dengan menganggap diri kita itu sebagai seorang konsumen. Hal ini akan mempermudah pemahaman apa yang dirasakan oleh setiap konsumen. Apa juga yang dibutuhkan (need), diiginkan (want) dan permintaan (demand) oleh setiap konsumen. Ketiga konsep ini pasti menjadi penting untuk setiap konsumen dan ada dalam diri entrepreneur juga. Tinggal menerjemahkannya dalam konteks bisnis yang dijalankan.

Empathy juga bisa dilakukan dengan semakin banyak membaca hal-hal yang berhubungan dengan perilaku konsumen. Consumer behavior menjadi penting karena ini berhubungan dengan bagaimana konsumen menemukan masalah dalam hidup mereka dan juga memilih produk yang sesuai sampai dengan membeli produk dari entrepreneur. Sampai juga dengan sikap setelah membeli produk, bisa puas bisa kecewa.


Inilah yang menjadi penting bagi entrepreneur dalam memberikan layanan kepada konsumen secara efektif dan efisien. Dasarnya adalah empathy yaitu merasakan apa yang dirasakan oleh konsumen. Saya jadi teringat dengan pernyataan ibu saya, cubit dulu kalau mau mencubit orang lain. Kalau terasa sakit, orang lain juga akan merasakan sakitnya. Oleh karena itu, hati-hati dengan sikap kepada orang lain. Empati itu kunci suksesnya….. 

TUlisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: