Sore ini saya memberikan materi di kelas gimb entrepreneur school tentang strategic management da fokus pada bagaimana membangun core competency dalam bisnis. Sebagai seorang entrepreneur, kekuatannya ada di diri mereka sendiri yaitu bagaimana membangun keunggulan bersaing melalui strategi bisnis yang ditetapkan berdasarkan kompetensi inti ataucore competency.

Konsep ini saya berikan kepada teman-teman entrepreneur karena mereka menghadapi tantangan yang luar biasa dari perubahan lingkungan bisniis yang begitu cepat sehingga tidak bisa diabaikan oleh mereka. Disinilah konteks strategic management yang menjadi perhatian wirausaha.

Mereka harus bisa menemukan core competency atau kompetensi Inti yang terdiri dari knowledge, skill dan attitude yang bisa digunakan untuk mengelola sumber daya dalam perusahaan sehingga menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Tapi, salah satu faktor kuncinya adalah juga harus lebih baik daripada pesaing.

Pengetahuan tentang sebuah bisnis menjadi sumber keunggulan dan untuk itu, entrepreneur perlu belajar terus untuk meningkatkan pengehatuan mereka terhadap bisnis.
Keterampilan yaang berhubungan dengan bisnis harus terus diasah oleh entrepreneur. Keterampilan yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi dan sdm. Selain itu, keterampilan tentang leadership, manajemen, pengambilan keputusaan, komunikasi dan juga motivasi.

Yang tidak kalah penting. Adalah sikap sebagai seorang wirausahaa sukses yang selalu tahan banting dan juga bekerja keras dalam menjalankan bisnis. Ini sangat mempengaruhi kompetensi inti dan kembangkan terus agar berbeda dengan pesaing.

Inilah yang saya tekankan kepadaentrepreneur saat ini ketika persaingan sudah begitu tinggi dan hanya yang memiliki core competency lah yang bisa unggul..
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: