Ketika memberikan sebuah kuliah di UNIKOM, saya berkesempatan untuk sharing tentang bagaimana seseorang itu harus mengelola diri sendiri sebelum mengelola orang lain. Lebih dalam lagi, bagaimana seseorang bisa mempimpin diri sendiri sebelum memimpin orang lain. Saya menyebutnya dengan self leadership yang memang dibutuhkan oleh setiap orang, apalagi ketika mereka ingin menjadi entrepreneur juara.

Rasanya, hal ini perlu saya bagi kepada teman-teman yang memang memiliki komitmen untuk menjadi juara diberbagai bidang, khususnya juara dalam bidang bisnis yang pastinya sangat dituntut untuk menjadi juara ketika tingkat persaingan semakin tinggi dan kunci untuk memenangkan persaingan itu adalah bagaimana kita bisa mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage yang sejatinya menjadi target utama dalam bisnis.



Visi dan Self leadership
Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis itu memang keras dalam arti bahwa pesaing akan selalu mencari kelemahan dari setiap entrepreneur agar bisa dikalahkan setiap saat. Dan faktor kunci untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis adalah bagaimana entrepreneur bisa mengelola diri dan bahkan memimpin diri sendiri untuk bisa sukses. Self leadership menjadi kunci sukses dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis.

Self leadership merupakan kemampuan seseorang untuk mempengaruhi diri sendiri agar bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien sehingga apa yang diharapkan bisa tercapai, apalagi dalam konteks bisnis yang pastinya menghadapi berbagai tantangan dari segala aspek. Banyak hal yang harus dipahami dengan baik oleh setiap entrepreneur agar bisa dikelola dengan baik dan itu bermula dari diri sendiri. Wahh……

Saya menjadi teringat dengan banyak orang sukses yang dalam proses mencapai kesuksesan tersebut, mereka sangat dipengaruhi oleh banyak hal dan berakibat pada kondisi yang membuat mereka gagal dalam bisnis atau kehidupan tersebut. Pada saat ini, mereka seringkali harus memutuskan untuk terus atau bahkan menutup bisnis yang dijalankan. Apalagi tantangan dari keluarga yang pastinya membuat seseorang harus bisa keluar dari kemelut seperti itu.

Dalam konteks bisnis, tentu hal ini harus bisa diselesaikan dengan baik dengan mempengaruhi diri sendiri terlebih dahulu. Kemampuan mempengaruhi diri sendiri ini diawali dengan menetapkan visi yang akan dicapai oleh setiap entrepreneur. Visi inlah yang menjadi “bahan bakar” bagi setiap entrepreneur dalam mempengaruhi diri mereka sendiri. Kenapa demikian? Ketika entrepreneur selalu mengingat visi, maka akan timbul lagi semangat dan motivasi untuk sukses.

Visi itu merupakan impian yang hendak dicapai oleh setiap entrepreneur dalam jangka panjang. Impian dalam jangka panjang tentu berhubungan dengan bagaimana mereka selau mencoba untuk membuat apa yang dibayangkan dalam waktu 10 tahun yang akan datang. Ini akan menjadi dasar ketika menghadapi kegagalan dalam bisnis dan berusaha untuk tetap konsisten dengan impian yang hendak dicapai.

Hal ini benar-benar dirasakan ketika harus menghadapi konflik yang pastinya sangat berhubungan dengan permasalahan dalam bisnis. Setiap aspek dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal memberikan kontribusi pada pencapaian tujuan bisnis dengan cara fokus pada impian. Pada saat itu, langsung bisa mempengaruhi diri untuk selalu tenang dan berikhtiar untuk terus mencapai impian dengan baik. … so… fokus pada self leadership.. SALAM JUARA
____________________________

Meriza Hendri, owner Strabiz Management Consulting dan founder GIMB Foundation 
Tulisan ada di www.juaranews.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: