Inilah pesan yang disampaikan oleh Kang Aher, Gubernur Jawa Barat beberapa waktu lalu ketika didaulat sebagai narasumber dalam program Nubiz Special yang mengangkat tema tentang sukses bersama Program Wirausaha Baru Jawa barat  yang memang digagas oleh pemerintah provinsi Jawa Barat sejak tahun 2014. Program yang memang dijadikan sebagai momentum untuk membuat wirausaha baru sebanyak 100.000 sampai dengan tahun 2018.

Tentu wirausaha yang dicetak bukanlah wirausaha yang terkesan asal menjadi wirausaha, akan tetapi, wirausaha yang memiliki konsep bisnis yang kuat dengan dasar inovasi, kerja kerasa dan ikhlas. Inilah karakter wirausaha yang diharapkan dari program WUB ini dan nantinya mereka akan terus bisa mengeksploitasi diri dan lingkungan bisnis untuk membuat bisnis mereka terus tumbuh dan berkembang untuk memberikan manfaat bagi lingkungan.
Inovasi, kerja kerjas dan ikhlas.



Mari kita lihat satu-satu konsep dasar yang melekat pada karakteristik wirausaha yang ingin dicetak oleh Kang Aher dalam program WUB ini. Pertama, inovasi. Bicara tentang konsep ini. Setiap wirausaha harus menyadari bahwa salah satu syarat untuk menjadi wirausaha sukses adalah mereka harus memiliki tingkat inovasi yang tinggi. Inovasi  yang berhubungan dengan bagaimana mereka memiliki tingkat kreativitas dalam mengembangkan ide-ide dan bisa diterima pasar.

Inilah tantangan setiap wirausaha ketika berkomitmen untuk menjadi wirausaha. Inovasi menjadi fungsi utama mereka untuk sukses karena pada dasarnya, wirausaha akan menghadapi tantangan yang luar biasa dari lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Permasalahan-permasalahan bisnis akan datang dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal seperti yang terjadi dalam bisnis wirausaha.


Inovasi yang harus dimiliki oleh setiap wirausaha. Tidak menyerah dengan keadaan akan tetapi, menjadikan tantangan dari lingkungan sebagai dasar untuk mencapai kesuksesan yang lebih tinggi. Inilah yang menjadi akar untuk mencapai ide-ide yang bisa diterima oleh pasar. Inovasi berhubungan dengan pengelolaan keuangan, inovasi yang berhubungan dengan pemasaran, inovasi yang berhubungan dengan proses bisnis dan juga inovasi yang berhubungan dengan pengelolaan sumber daya manusia.

Kerja keras juga menjadi hal mendasar bagi setiap wirausaha. Saya selalu menyatakan bahwa jangan terjebak dengan konsep time freedom bagi wirausaha yang baru membangun usaha mereka. hal ini akan menjebak banyak orang ketika berkomitmen untuk menjadi wirausaha, akan tetapi sudah “berleha” dengan melakukan banyak hal. Tentu hal ini bertentangan dengan konsep bisnis yang seharusnya mereka bekerja keras terlebih dahulu untuk membuat bisnis tersebut memiliki system dan berjalan dengan seharusnya.

Kerja keras menjadi faktor penentu kesuksesan wirausaha dalam membangun bisnis. Kerja kerjas menunjukkan bagaimana wirausaha fokus dengan bisnis mereka dan berusaha seoptimal mungkin untuk membangun apa yang sudah dikomitmen kan untuk sukses. Tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang kecil kerja keras ini untuk menggapai sukses. Bahkan dibalik pernyataan time freedom tadi, wirausaha dituntut untuk bisa mengoptimasi setiap waktu dengan kerja keras.

Yang terakhir adalah ikhlas dimana wirausaha juga dituntut untuk bisa bekerja seoptimal mungkin dan selalu menyerahkan kepada Allah SWT. Saya sangat setuju dengan konsep ini karena seorang wirausaha dituntut untuk bisa berserah diri kepada Allah dan hasilnya Dia lah yang menentukan apa yang hendak direncanakan.


Oleh karena itu, wirausaha perlu menyadari bahwa ketiga konsep ini menjadi penting untuk membuat bisnis mereka sukses saat ini dan yang akan datang karena tantangan bisnis itu semakin berat bagi setiap entrepreneur yang menginginkan kesuksesan. 

Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: