“kalau kamu ingin menjadi juara dalam setiap bisnis, kamu harus memiliki mindset dulu sebagai orang yang juara” itulah konsep dasar yang saya temukan dalam diri setiap wirausaha sukses dalam bisnis. Apapun bisnisnya, mereka memiliki mindset yang kuat sebagai seorang juara sejati. Hmmmmm…. Apa hubungannya dengan bahasan kita kali ini? Saya tertarik untuk menuliskan juara itu ada di mindset bagi entrepreneur muda yang sedang berjuang untuk mencapai keunggulan bersaing dalam bisnis.

Banyak sekali orang bertekat untuk menjadi pengusaha sukses kali ini seiring dengan semakin tingginya ajakan untuk menjadi entrepreneur sehingga semakin banyak orang berkeinginan untuk sukses dengan memilih sebagai entrepreneur daripada bekerja dengan orang lain. Sah-sah saja hal ini terjadi karena tidak bisa dipungkiri bahwa fakta ini menjadi sebuah hal yang nyata dan tidak hanya di Indonesia saja, tetapi di seluruh dunia bergerak untuk mendorong masyarakatnya untuk menjadi entrepreneur.


Juara itu ada di Mindset
Dalam konteks bisnis dan entrepeneurship, saya selalu menekankan untuk menjadi ahli strategi agar bisnsi yang dikembangkan itu bisa unggul dan melebihi bisnsi yang diciptakan oleh banyak orang. Secara sederhana, memang disebutkan sebagai bisnis yang juara, akan tetapi, bila dihubungkan dengan konsep bisnis dan manajemen strategi, bisnis itu harus mencapai competitive advantage atau keunggulan bersaing dibandingkan dengan bisnis orang lain.

Saya tidak dalam konteks mendorong entrepreneur untuk sekedar menjalankan bisnis apa adanya. Artinya, bisnis yang mereka  jalankan dan kembangkan sejatinya mampu untuk menjadi unggul dibandingkan pesaing. Kenapa demikian? Karena saat ini kondisi bisnis atau business landscape jelas sekali terlihat sangat tinggi tingkat persaingannya dan dalam hal ini, hanya entrepreneur yang sukses saja yang mampu bertahan dengan memanfaatkan competitive advantage yang dihasilkan dari strategi bisnis yang dipilih oleh setiap entrepreneur.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu menyadari bahwa mindset atau sikap mental yang mereka miliki harus bisa berkontribusi kepada pencapaian keunggulan bersaing. Dalam hal ini, pertama, memahami bahwa bisnis itu berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, mengalami turbulensi dan tidak bisa dikontrol. Ini adalah tahap pertama dalam diri setiap enterpeneur ketika semakin tinggi bisnis berjalan, semakin tinggi pula tingkat persaingan yang akan dihadapi.

Kedua, selalu menganalisis lingkungan internal diri sendiri, lingkungan internal bisnis dan juga lingkungan eksternal setiap bisnis wirausaha. Kenapa saya menggunakan kata selalu? Perubahan selalu terjadi dalam ketiga lingkungan tersebut dan disinilah seorang entrepreneur harus bisa menganalisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman terhadap bisnis mereka. tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini akan bedampak kepada keputusan strategis yang akan mereka buat.

Ketiga, seorang entrepreneur harus memiliki sikap mental berani mengambil strategi dengan berbagai resiko yang melekat pada setiap pilihan strategi tersebut. Banyak hal yang harus dianalisis terlebih dahulu. Hal ini penting karena menuntut entrepreneur untuk bisa fokus dalam pemilihan strategi yang tepat bagi entrepreneur.


Inilah beberapa hal yang utama untuk dimiliki sebagai mindset seorang entrepreneur dalam berbisnis untuk mencapai keunggulan bersaing atau juara dalam konteks bisnis masing-masing. 

Tulisan ada di www.juaranews.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: