Nubiz malam ini memang berbeda karena membahas hal  yang bersifat stratejik bagi wirausaha untuk mengembangkan bisnis ditengah tingginya tingkat kompetisi yang harus dihadapi wirausaha. Tingkat persaingan yang benar-benar menuntut setiap entrepreneur untuk bisa juga memanfaatkan seluruh potensi yang ada di dalam ataupun di luar perusahaan agar bisa menjadi asset yang digunakan untuk bersaing.

Sahabat Meriza menjelaskan bagaimana wirausaha seringkali terjebak dengan pemikiran bahwa bisnsi yang mereka jalankan itu sudah yang terbaik dan untuk itu, mereka bisa fokus dengan diri sendiri untuk mengembangkan bisnis. Apalagi ketika merasakan bahwa asset atau sumber daya perusahaan dirasakan sudah cukup untuk bersaing. Tidak perlu lagi yang lain untuk bersaing.



Tentu hal ini tidak boleh ada di benak setiap wirausaha. Suka tidak suka, mereka harus menyadari bahwa ada lingkungan bisnis, baik internal ataupun eksternal yang mempengaruhi bisnis mereka dan menuntut setiap wirausaha untuk bisa mengoptimasinya sehingga menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai keunggulan bersaing dalam diri wirausaha. Apa itu? Ada akademisi, pelaku bisnis dan juga pemerintah.

Hal ini dibahas dalam buku yang berjudul The Powerful on Triangle for successful entrepreneur. buku ini ditulis oleh Sahabat Meriza, sahabat Kunto Aji dan Sahabat Iwan Ridwansyah. Buku ini berisi bagaimana model ABG atau dalam model triple Helix yang bisa dimanfaatkan oleh setiap wirausaha untuk mengemangkan bisnis mereka. model ini dikembangkan pada tahun 2012 dan dilaksanakan di Garut dimana diintegrasikan akademisi, pelaku bisnis dan pemerintah.

Ulasan dalam buku ini dikembangkan ke dalam tiga bagian yaitu pembahasan konsep dasar tentang ABG karena berhubungan dengan triple helix dalam konsep bisnis yang dijalankan oleh setiap stakeholder. Mereka memiliki kepentingan dalam bisnis wirausaha dan oleh karena itu, perlu dipahami bahwa mereka harus dimanage dengan baik. Untuk itu, wirausaha perlu memahami kebutuhan setiap stakeholder tadi.

Bahasan selanjuntnya adalah memggambarkan bagaimana program yang dijalankan oleh sahabat meriza dan sahat Kunto dan Sahabat Iwan tentang pelatihan selama tiga hari, dengan membahas berbagai konsep dasar yang diperlukan oleh wirausaha untuk menumbuhkembangkan bisnis mereka.
Setelah itu, mereka mendapatkan coaching dan mentoring selama tiga bulan dengan pertemuan yang diadakan di kantor Bank BJB Garut. Tentu hal ini menjadi penting bagi mereka karena bisa memberikan kesempatan untuk berbagi dengan banyak orang.

Pembinaan yang paling akhir adalah setelah satu tahun menyelenggarakan pelatihan dan pembinaan kepada peserta. Mereka berhasil mengembangkan bisnis dan bahkan mendapatkan value dari ABG.
Program Belbiz malam ini juga mendapatkan respon yang luar biasa karena banyak yang memberikan respon kepada acara ini. Mereka juga diberi kesempatan untuk memberikan komentar dan pertanyaan untuk acara ini. Hadiahpun menunggu setiap wirausaha yang menjawab pertanyaan dan membeirkan komentar berupa dua buah buku, voucher pulsa dan juga kesempatanuntuk belajar di GIMB Entrepreneur School

Tulisan ada di www.belbizonradio.com


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: