Dalam satu ulasan yang diberikan oleh pemerintah Jawa barat minggu lalu, ketika menerima kunjungan dari Myongji University, didapatkan bagaimana pemerintah itu memiliki rencana strategis untuk pengembangan jawa barat dan juga perekonomian yang pastinya sangat relevan dengan para entrepreneur dalam rangka mereka mencapai tujuan bisnis yang sudah ditetapkan yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis itu tidak bisa dilepaskan dari pemerintah selaku regulator dari setiap apayang ada di negeri ini sehingga sangat relevan ketika entrepreneur harus menyadari apa yang dilakukan oleh setiap pemerintah. Jangan alergi dan menjauhi pemerintah karena pemerintah memiliki rencana atas apayang akan dikembangkan di satu daerah dan entrepreneur perlu informasi tentang kondisi tersebut.


Akan tetapi, perlu juga saya tekankan jangan terlalu dekat dengan pemerintah sehingga membuat entrepreneur menjari “manja” dengan hanya mengandalkan pemerintah semata untuk berbisnis. Seringkali hal ini membuat entrepreneur kehilangan kreativitas dan inovasi dalam menghadapi persaingan bisnis yang seharusnya menuntut kreativitas yang luar biasa. Akhirnya, hakekat entrepreneurship menjadi hilang. Dalam diri setiap entrepreneur.

Pelajaran berharga ketika entrepreneur bisa menjaga hubungan baik dengan pemerintah. Bahkan pemerintah memerlukan entrepreneur untuk bisa menggerakkan roda perekonomian yang pastinya menjadi beban pemerintah itu sendiri. Ketika mereka mampu bekerjasama dengan entrepreneur dalam mengelola potensi alam atau potensi daerah, tentu sebagian tugas mereka mengelola negeri ini sudah bisa mencapai kesuksesan.

Salah satu potensi daerah yang ditungkap waktu itu adalah agro industry yang dikembangkan di Jawa barat. Ada potensi perkebunan dan juga potensi perikanan yang menjadi perhatian pemerintah Jawa Barat. Rasanya, entrepreneur perlu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk mencapai keunggulan pada kedua aspek ini. Teh dan kopi adalah contoh produk yang bisa dikembangkan oleh masyarakat dan entrepreneur dalam berbisnis.

Sekarang, tinggal bagiamana entrepreneur mulai menyadari apa yang ada di dalam lingkungan bisnis mereka dan memanfaatkan apa yang ada disetiap saat. Ingat, keberhasilan bisnis itu bukanlah semata-mata dari dalam diri sendiri, akan tetapi, bisa dimanfaatkan dan dioptimalkan dari potensi yang dimiliki pemerintah sehingga bisa memperkuat kualitas bisnis entrepreneur. Jangan melihat terlalu jauh, sementara yang dekat tidak kelihatan.

Disinilah pentingnya entrepreneur mulai menyadari bahwa lingkungan pemerintah yang pastinya nanti berubah menjadi lingkungan politik menjadi sangat berpengaruh pada bisnsi mereka dan sejatinya harus dijadikan sebagai sumber mencapai keunggulan bersaing dalam bisnis.

Meriza Hendri. 
Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: