Saat ini, saya memang sedang fokus meneliti tentang konsep mindset untuk menjadi juara. Juara yang dimaksud adalah juara untuk bisnis mereka masing-masing karena inilah konsep competitive advantage yang harus dimiliki oleh setiap wirausaha untuk memenangkan persaingan yang diakibatkan oleh perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, mengalami turbulensi, tidak pasti yang suka tidak suka, berpengaruh kepada bisnis secara keseluruhan.

Mindset menjadi faktor utama dalam diri wirausaha yang harus dipersiapkan dengan baik karena temuan saya adalah seringkali wirausaha menyerah dalam bisnis dan tidak mau melanjutkan bisnis yang nyata-nyata sudah dipilih pada awal membangun usaha tersebut. Banyak wirausaha muda yang terjebak dengan diri mereka masing-masing ketika ingin meningkatkan usaha. Pada awalnya semangat tinggi dan bermodalkan uang yang tidak sedikit, akan tetapi di tengah perjalanan malah down dan bisnisnya menjadi turun.

Faktor Mindset.

Faktor ini menjadi penting karena entrepreneur itu berhubungan dengan faktor internal yang ada dalam diri setiap wirausaha. Tidak hanya faktor lingkungan internal dan eksternal bisnsi mereka, tetapi yang lebih dalam adalah faktor dalam diri mereka masing-masing yang memiliki pengaruh yang lebih besar daripada faktor lingkungan internal dan lingkungan eksternal.


Mindset berhubungan dengan sikap mental yang harus dimiliki oleh setiap wirausaha untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis. Sikap mental yang harus dimiliki oleh setiap wirausaha karena jelas, pertama mereka harus memiliki visi yang kuat dalam bisnis. Visi ini merupakan impian yang harus dicapai oleh wirausaha dan bersifat jangka panjang. Tidak terjebak pada dimensi waktu jangka pendek yang seringkali kurang diperhatikan wirausaha.

Visi ini akan mengarahkan setiap wirausaha untuk menjadi jauh lebih baik ketika menjalankan bisnis. Seringkali mereka terjebak dengan perubahan lingkungan bisnsi yang menuntut mereka untuk “menyerah” dalam bisnis. Akan tetapi, dengan visi inilah yang akan menuntun mereka untuk terus fokus bekerja untuk bisnis dan tidak akan pernah ada kata menyerah bagi setiap wirausaha dalam menggapai impian dalam bentuk visi tersebut.

Kedua adalah mindset atau sikap mental untuk menjadi juara. Hal ini sangat relevan dengan konsep competitive advantage atau keunggulan bersaing karena bisnis itu memiliki tingkat persaingan yang semakin tinggi dan harus dimenangkan oleh setiap wirausaha saat ini. Perubahan lingkungan bisnis menyebabkan wirausaha harus menyadari bahwa tidak mudah untuk menggapai kesuksesan dalam bisnis dengan pesaing yang semakin timbul.

Kalau boleh dibilang, pasar itu sudah mendekati pasar persaingan sempurna dan siapa yang menang, maka, merekalah yang bisa mencapai tujuan bisnis masing-masing. Oleh karena itu, konsep competitive advantage adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi oleh wirausaha untuk bisa sukses mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang selalu tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Ketiga wirausaha harus menerapkan strategi dalam setiap aktivitas bisnis, baik strategi ditingkat korporat bila bisnisnya lebih dari satu, strategi ditingkat bisnis bila bisnisnya hanya satu dan juga strategi ditingkat fungsi yaitu strategi di tingkat fungsi keuangan, fungsi pemasaran, fungsi proses bisnis dan juga fungsi sumber daya manusia.


Inilah yang perlu diperhatikan oleh setiap wirausaha untuk menggapai kesuksesan dimana mereka harus memiliki mindset yang kuat untuk sukses dan kalau dilihat, konsep competitive advantage atau keunggulan bersaing menjadi kata kuncinya….. bagaimana dengan anda? SALAM JUARA…….

Tulisan ada di www.juaranews.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: