Nubiz, yang muda yang berbisnis tadi malam cukup berbeda dengan yang biasanya karena membahas sebuah buku yang ditulis oleh Meriza Hendri, Kunto Aji dan Iwan Ridwansyah. Biasanya, bahasan tentang aktivitas bisnis yang dilakukan oleh wirausaha dalam menjalankan dan menumbuhkembangkan bisnis mereka. inspirasi dari para wirausaha muda serta pengetahuan yang berhubungan dengan bisnis dan manajemen serta entrepreneurship menjadi kuncinya.

Narasumber tadi malam hanya pak kunto aji karena pak Iwan berhalangan yang tidak bisa ditinggalkan. Akan tetapi, tidak meninggalkan hakekat yang dibahas yaitu bagaimana mensinergikan antara akademisi, pelaku bisnis dan pemerintah atau yang dalam konteks buku ini adalah academician, business dan government dalammembangun wirausaha usaha sukses yang memiliki bisnis profit, people, planet, sustainable serta tumbuh dan berkembang.

Konsep dasar yang dibahas pertama adalah bagaimana konsep ABG itu dijalankan di Kabupaten Garut pada tahun 2012. Kunto aji melihat bagaimana permasalahan yang dihadapi oleh wirausaha ketika beliau menjadi pimpinan cabang di beberapa Kota yang menjadi tempat dia berdinas sehingga semakin paham bagaimana tantangan dan permasalahan dari wirausaha dalam menjalankan bisnis mereka. salah satu tantangannya adalah bagaimana bisnis menghadapi permasalahan di kebijakan pemerintah.


Tantangan lainnya adalah bagaimana wirausaha memiliki keterbatasan dalam konsep dan teori yang mereka ketahui dan pahami dalam bisnis dan maanjemen. Ini penting untuk dibahas karena berhubungan dengan bagaimana bisnis mereka itu dituntut untuk bisa berkembang seiring dengan perjalanan bisnis yang tidak mudah.

Berdasarkan fenomena yang ditemukan oleh Pak Kunto, Meriza juga menghubungkan dengan konsep Triple Helix yaitu bagaimana mensinergikan antara academician, business dan government dalam mengembangkan bisnis. Hal ini dilakukan di Garut pada tahun 2012 dalam bentuk pelatihan selama tiga hari, coaching dan mentoring selama 3 bulan dan pembinaan jarak jauh selama satu tahun.

Disinilah peran dari akademisi yang mendesain dan memberikan pelatihan serta coaching dan pembinaan dengan memperhatikan metode, materi yang diberikan, fasilitas pendukung serta instruktur dalam pelatihan tersebut. Kadin memilih peserta, bank bjb memberikan fasilitas pendanaan serta pemerintah memberikan regulasi.


Luar biasa, banyak pemirsa Bandung TV yang memberikan tanggapan dan pertanyaan serta berpartisipasi dalam program Nubiz. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: