Hari ini, capek banget karena sejak jam 8-17 sore ini mengajar jelas gimb entrepreneur yang memang dijadwalkan untuk saya ajar. Tidak salah juga rasanya kalau capek karena sejak pagi memberikan materi yang sangat penting bagi wirausaha.

Pelajaran yang diberikan berhubungan dengan karakteristik bisnis masing-masing siswa, nilai perushaan dan yang paling sore adalah pelajaran tentang konsep dasr bisnis. Juga tentang mindset seorang wirausaha untuk sukses dalam pilihan menjadi seorang wirausaha.


Dalam konteks ini, sy jadi teringat konsep bisnis dan marketing yang harus dipenuhi oleh setiap wirausaha yaitu need, want dan demand masing-masing konsumen yang dalam hal ini harus dipenuhi. Ini adalah dasar bagi setiap wirausaha dalam melayani konsumen agar bisa melayani mereka dan membuat mereka puas.

Need berhubungan dengan kebutuhan masing-masing konsumen yanng terdiri dari sandang, pangan, papan. Ini. Haarus jd perhatian wirausaha. Dalam kelas tadi, wirausaha fokus pada kebutuhan konsumen akan knowledge, skill dan attiitude tentang entrepreneurship, bisnis dan lingkungan serta manajemen.

Want berhubungan dengan keinginan konsumen tadi. Hal ini mengacu kepada need yang dimiliki setiap konsumen. Keinginan ini terus berkembang seiring dengan perkembangan linggkungan bisnis, pesaing dan lain-lain. Inilah bagian yang cukup berat bagi setiap wirausaha dalam menilai keinginan konsumen.

Yang terkhir adalah demand yang menggambarkan keinginan konsumen tadi didukung oleh daya beli atau tidak? Hal ini penting karen daya beli meunjukkan apakah mereka bisa membeli atau tidak.

Ketiga konsep ini harus dipahami dengan baik dan diberikan layanan terbaik.
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: