“Pak Meriza, kenapa Bapak fokus memberikan sharing tentang self leadership kepada kami para mahasiswa?.......” inilah yang menjadi pertanyaan yang diberikan oleh beberapa mahasiswa yang menghadiri diskusi dan pelatihan tentang leadership bagi mahasiswa di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Materi yang bagi saya perlu bagi setiap mahasiswa dalam menjalani masa pendidikan di kampus dan bahkan bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan pendidikan mereka.

Adapun kelas yang saya berikan pelatihan ini adalah kelas yang diisi oleh mahasiswa yang berada pada semester akhir dan mau menyelesaikan pendidikan di kampus. Pelatihan ini membahas beberapa hal yang berhubungan dengan bagaimana seorang mahasiswa menjelang kelulusan dapat memiliki leadership yang kuat dalam mengelola diri mereka sendiri dan juga orang lain nantinya, khususnya yang sudah memiliki bisnis semasa mahasiswa.

Self Leadership
Ketika saya memberikan pelatihan ini, sangat terasa bagaimana mereka memiliki keterbatasan dalam mengelola diri sendiri. Mereka masih mengikuti emosi dalam mengelola diri sendiri. Emosi yang saya lihat adalah mereka melakukan hal-hal yang mengikuti teman-teman orang lain. Lingkungan sangat mempengaruhi mereka, yang bisa membuat mahasiswa melakukan berbagai aktivitas yang dilakukan bersama-sama.


Hal ini membuat mereka seakan-akan terbuai dengan lingkungan dan pada akhirnya mereka hanya menjalankan apa adanya, tanpa memiliki arah yang jelas. Saya membahasakan secara umum MADESU yang saya sampaikan kepada mahasiswa. MADESU dengan singkatan masa depan suram bagi para mahasiswa. Sebenarnya bisa dibalikkan singkatan MADESU itu menjadi Masa Depan Sukses yang sejatinya merupakan miliki setiap mahasiswa.

Oleh karena itu, saya menyarankan setiap mahasiswa perlu memimpin diri sendiri sebelum menyelesaikan pendidikan di kelas. Beberapa hal yang perlu dimiliki mahasiswa adalah pertama, memiliki visi yang jelas dari setiap mahasiswa untuk masa 5 – 10 tahun yang akan datang. Visi itu merupakan impian yang harus dicapai oleh setiap orang dan harus ditetapkan dengan tegas.
Kedua, bagaimana seorang mahasiswa harus belajar dan belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan leadership. Menjadi seorang leader itu ada ilmunya sehingga diperlukan pengetahuan. Hakekat seorang leader adalah seseorang yang mampu mempengaruhi orang lain agar bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Pengetahuan untuk mempengaruhi perlu dimiliki sehingga tidak hanya menjalankan saja.

Ada banyak sumber yang bisa digunakan untuk mempengaruhi orang lain, bisa saja dari pengetahuan, pengalaman, keterampilan, jabatan dan lain-lain. Bahkan bisa juga dari surat keputusan yang dimiliki oleh setiap orang dari atasan mereka sehingga orang lain melihat bagaimana pengaruh yang dimiliki oleh setiap orang.

Ketiga, bagaimana mahasiswa perlu meningkatkan keterampilan atau kemampuan mereka memimpin diri sendiri. Keterampilan dalam mempengaruhi diri sendiri sangat diperlukan. Dalam hal ini, keterampilan membuat keputusan, berkomunikasi dengan diri sendiri, memotivasi diri sendiri adalah beberapa keterampilan yang relevan dengan self leadership.

Keempat, bagaimana mahasiswa perlu memiliki sikap atau attitude yang benar ketika menjadi seorang pemimpin yaitu dengan tidak sombong, rendah hati, menjadi seorang pembalajar., jujur yang merupakan sikap yang harus dimiliki oleh mahasiswa.


Inilah beberapa hal yang perlu dimiliki oleh setiap mahasiswa ketika mereka bermaksud untuk mengembangkan self leadership agar bisa menjadi juara….. salam juara

Tulisan ada di www.juaranews.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: