Kemaren sore, ketika bertemu dengan teman-teman dosen dan praktisi bisnis di Balai Pelatihan Koperasi Dinas KUMKM Jawa Barat dalam rangka membahas buku dasar kewirausahaan yang merupakan hasil dari racikan bersama untuk memenuhi kebutuhan sumber bacaan untuk pengembangan kompetensi bisnis setiap entrepreneur peserta program Wirausaha Baru Jawa Barat.

Ada satu konsep dasar yang membuat saya tertarik dengan bahasan kemaren yaitu bagiamana manfaat dari habit sebagai bagian dari budaya yang ada dalam perusahaan dan bahkan dalam diri setiap entrepreneur ketika mereka menjalankan bisnis.


Habit itu sangat menentukan kualitas seseorangdalam berbisnis pada akhirnya karena berhubungan dengan bagaimana entrepreneur itu harus memiliki kebiasaan yang positif tentunya untuk membangun bisnis. Kebiasaan yang tidak mudah untuk dipengaruhi agar tidak dijalankan.

Saya menjadi teringat tentang salah satu konsep dasar yang dibutuhkan oleh entrepreneur untuk sukses yaitu disiplin. Rasanya, konsep habit ini sangat relevan dengan konsep disiplin dimana setiap entrepreneur harus menjalankan apa yang sudah direncanakan oleh mereka untuk sukses.

Kalau dilihat, habit itu juga yang membuat banyak orang sukses menggapai impiannya dan salah satunya adalahmenulis. Memang tidak terasa, bagaimana selama ini saya membuat tulisan yang saya kirim ke berbagai media untuk dishare dan dibaca.

Hasil diskusi kemaren sore mengingatkan saya bagaimana hasil dari habit tersebut akan sangat terasa bagi banyak orang dan saatnya habit ini ditingkatkan dengan membuat sesuatuyang lebih bermakna, termasuk menuliskan apa yang ada dalam fikiran agar bisa dibaca oleh banyak orang.

So, pertahankan habit agar kita bisa menjadi sukses dalam bisnis dan apapun apa yang kita kerjakan karena habit itu akan menjadi salah satu differentiator antara seorang entrepreneur sukses dengan yang tidak sukses.

Meriza Hendri
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: