Disinilah tindakanyang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dalam mengembangkan bisnis mereka ketika bisnis masih berada dalam level start up. Tidak ada alasan untuk tidak membangun komunikasi yang intens dengan pemerintah sebagai pihak yang menjadi regulator dalam bisnis. Merekalah yang menjadi pengatur dalam negeri ini dan pastinya akan berdampak kepada entrepreneur baik dalam bentuk peluang ataupun ancaman.

Inilah fakta yang tidak bisa dielakkan oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Pemerintah berada dalam lingkungan bisnis yang juga mengikuti beberapa karakter yaitu selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan bahkan mengalami turbulensi dalam setiap keputusan yang mereka buat. Tidak bisa entrepreneur hanya menunggu apa yang akan terjadi dengan lingkungan bisnis, khususnya dari pemerintah yang tidak pasti tersebut.


Disinilah  kemampuan komunikasi seorang entrepreneur diperlukan untuk bisa melakukan komunikasi yang intensif dengan pemerintah guna mendapatkan berbagai informasi yang relevan dengan bisnis masing-masing entrepreneur. Relevansinya ini sangat penting ditengah banyaknya hal-hal yang harus diselesaikan oleh entrepenuer menyangkut keberhasilan mereka dalam menjalankan bisnis dan harus bisa memberikan kontribusi kepada pencapaian tujuan bisnis itu sendiri.

Komunikasi yang dilakukan tentu bukanlah komunikasi yang cenderung bersifat negative dengan pemerintah, akan tetatpi komunikasi yang bersifat positik dimana setiap orang bisa melakukannya untuk mendapatkan hal-hal yang saling menguntungkan bagi entrepreneur dan pemerintah. Komunikasi ini akan menjadi bagian dari upaya membangun saling pengertian dan nantinya dijadikan sebagai dasar untuk mencapai tujuan masing-masing.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh setiap entrepreneur yaitu pertama, memahami need, want dan demand pemerintah terhadap apa yang akan kita perjuangkan. Khususnya yang berhubungan dengan konteks entrepreneurship yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang dan bahkan pemerintah juga sangat berkepentingan dengan entrepreneurship ini. Program ini sudah menjadi program nasional bagi setiap pemerintah sebagai sebuah KPI untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis.

Kedua, mencari dinas atau departemen terkait dengan apa yang kita harapkan kepada pemerintah. Hal ini penting karena kementrian ataupun dinas adalah pelaksana teknis dalam negeri ini yang akan bisa memberikan pembahasan yang sesuai dengan yang kita butuhkan. Kesesuaian dengan pihan tersebut akan membuat bangunan komunikasi akan semakin baik bisa dilakukan oleh entrpeneuer dengan pemeriontah.

Ketiga, selalu membangun konsistensi dalam berkomunikasi. Jangan terjadi konsep hit and run dalam diri entrepreneur dimana mereka tidak bisa menjaga komunikasi yang intend an berkelanjutan dengan pemerintah. Tentu hal ini akan berdampak negative bagi entrepreneur itu sendiri karena orang akan bertanya tentang kapasitas dan kapabilitas mereka dalam menjalankan bisnis dan juga komitmen dengan pemerintah.

Hal ini tidak boleh terjadi karena akan berdampak kepada kualitas komunikasi dan hubungan dengan pemerintah. Komitmen menjadi penting untuk diperhatikan dengan pemerintah. Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh entrepreneur ketika membangun komunikasi dengan pemerintah agar bisa memberikan value yang optimal bagi mereka masing-masing.  

Meriza Hendri, tulisan ada di www.nubizontv.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: