Tadi malam, program belbiz on Radio K-Lite membahas tentang bagaimana konsep loyalitas yang memang harus dipahami dan dijalankan oleh setiap sahabat K-Lite dan juga sahabat Belbiz dalam menjalankan bisnis mereka. konsep yang sudah dibahas dalam empat kali pertemuan dalam program Belbiz dalam rangka membangun kesamaan persepsi dari setiap entrepreneur untuk mulai peduli dengan loyalitas konsumen.

Sahabat Meriza mengawali pembahasan bagaimana setiap entrepreneur harus mulai fokus kepada setiap konsumen karena konsumen itu yang dicari saat ini adalah bagaimana memberikan optimal value bagi perusahaan yang dilihat dalam konteks customer quality. “setiap entrepreneur sudah harus melihat setiap karyawan sebagai sebuah asset yang perlu ditingkatkan kualitasnya” kata Meriza. Konsumen itu akan menjadi asset utama bagi perusahaan.



“Oleh karena itu, entrepreneur harus membuat konsumen loyal kepada perusahaan dan tingkatan yang paling tinggi adalah bagaimana konsumen menolak pesaing yang pastinya akan berusaha untuk merebut konsumen setiap entrepreneur” kata Meriza. Hal ini menjadi sebuah kenyataan ketika tingkat persaingan semakin tinggi dan saling memperebutkan setiap konsumen dalam berbisnis. Tingkatan yang paling tinggi dalam loyalitas konsumen itu adalah bagaimana konsumen menolak pesaing.

Hal ini dicontohkan oleh Sahabat Udi yang merupakan siswa GIMB Entrepeneur School dan memiliki bisnis dibidang tekstil dan garment dengan nama BINTEXS. Perusahaan yang masih baru tetapi concern dalam memberikan layanan kepada konsumen agar mereka bisa menjadi puas dan loyal kepada perusahaan. “Perusahaan saya masih baru dan akan bergerak cepat dalam mendapatkan dan mempertahankan konsumen agar mereka loyal” kata Udi ketika menjelaskan konsep bisnis yang dijalankannya.

“Loyalitas konsumen dirasakan sekali oleh Udi yang memberikan layanan terbaik kepada konsumen dan dia tidak pindah ke pesaing” katanya. Hal ini diberikan contoh bagaimana dia melayani seorang konsumen dalam membeli kain dan bermula dari upaya yang tidak mudah untuk mendapatkan konsumen. Hasilnya? Alhamdulillah, sekarang konsumen tersebut loyal kepada perusahaan.

Untuk membuat konsumen loyal, Meriza memberikan gambaran bagaimana entrepreneur perlu menetapkan strategi bisnsi yang jelas agar memiliki konsep yang jelas dalam bisnis tersebut. “memilih untuk menggunakan strategi low cost menuju diferensasi atau differensiasi menuju low cost” kata Meriza. Ini perlu dilakukan oleh setiap entrepreneur terlebih dahulu. Ketegasan dalam strategi menjadi penting.

Tips lainya adalah bagaimana entrepreneur perlu melayani dengan hati, membangun customer intimacy, memberikan produk yang berkualitas dan juga  terus memahami need, want dan demand konsumen yang selalu berubah dan harus dipenuhi oleh setiap konsumen.


Sahabat Candra dan juga pertanyaan dari pendengar K-Lite juga membuat acara tadi malam semakin menarik dan semakin berwarna sehingga terjadi pendalaman materi yang membuat Belbiz semakin lebih baik dan memberikan manfaat bagi setiap entrepreneur dalam mencapai kesuksesan dalam bisnis dengan indikator bisnis yang profitable, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. 

Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: