Acara belbiz tadi malam masih membahas seputar loyalitas konsumen yang menjadi target utama setiap entrepreneur ketika melayani konsumen yang menjadi asset yang paling berharga bagi bisnis mereka. asset yang pastinya akan bisa membuat bisnis entrepreneur dalam posisi profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar dalam jangka panjang.

Konsentrasi kepada penciptaan konsumen yang loyal menjadi target jangka pendek dan jangka panjang dalam rangka membangun bisnis yang kuat. dari setiap konsumen, harus bisa tercipta konsumen yang loyal dan salah satu target realnya adalah bagaimana mereka mau memberikan rekomendasi kepada orang lain. Hal ini menjadi asset yang luar biasa untuk entrepreneur karena mereka tidak perlu melakukan pemasaran yang gencar sekali untuk mendapatkan konsumen baru.



Sahabat Meriza sebagai analis dalam acara ini menjelaskan “entrepreneur harus fokus dalam menciptakan loyalitas untuk setiap konsumen yang pernah membeli produk kepada mereka”. inilah kunci utama dalam konsep loyalitas konsumen. Jangan lihat jumlahnya akan tetapi, lihatlah kualitasnya sehingga akan bisa meningkatkan revenue bagi perusahaan dalam jangka pendek dan juga jangka panjang”

Konsep Word of Mouth dimana konsumen akan memberikan rekomendasi tentang produk milik entrepreneur kepada konsumen lainnya yang menjadi potensi pasar jelas tidak mudah didapatkan. Tetapi, dengan rekomendasi akan bisa lebih dipercaya oleh setiap calon konsumen. Rekomendasi menjadi sebuah “garansi” bagi calon konsumen untuk membeli produk yang mungkin bagi sebagian konsumen adalah produk baru yang belum memiliki brand image yang kuat.

Hal ini didukung juga oleh Sahabat Kunto Aji yang menjadi salah seorang narasumber dalam acara Belbiz tadi malam. Kunto menjelaskan bagaimana sejatinya seorang entrepreneur mulai fokus dalam memberikan layanan yang terbaik kepada konsumen dan itu semua mulai dari hati. Layani dengan hati akan sangat dirasakan oleh konsumen dan mereka akan terus mencari produk yang ditawarkan oleh entrepreneur.

COntoh nyata disampaikan oleh sahabat Purwa dengan bisnis Wedding Organizer dengan nama Sabhira Islamic WO yang memberikan layanan kepada masyarakat yang membutuhkan jasa untuk membantu penyelenggaraan acara pernikahan. Rekomendasi menjadi kunci keberhasilannya untuk mendapatkan konsumen baru dalam bisnis dan itu berasal dari konsumen yang puas dari setiap acara yang diselenggarakannya.

Hal ini akan sangat terasa ketika konsumen menyatakan complain  ke perusahaan dan inilah moment of truth untuk membuktikan layanan yang dimiliki olh perusahaan. Konsumen membutuhkan bukti yang nyata dari acara yang diselenggarakanoleh WO ini. complain menjadi ajang pembuktian kualitas layanan yang dimiliki.


Seru sekali bahasan Belbiz tadi malam dan ada beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh sahabat K-Lite dalam menjalankan bisnis. 

Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: