Salah satu pelajaran bisnis yang didapat dari pertemuan dengan teman-teman PT Telkom beberapa waktu yang lalu adalah bagaimana menjadikan IT sebagai Backbone bisnis para entrepreneur saat ini. PT Telkom Tbk, memiliki konsep yang sangat signifikan bagi para entrepreneur yaitu bagaimana melakukan digitalisasi terhadap bisnis yang selama ini kurang mendapatkan perhatian para entrepreneur.
Kondisi ini menuntut perubahan paradigma entrepreneur agar bisa mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage ditengah tingkat persaingan antar entrepreneur saat ini yang semakin tinggi. Hal ini relevan dengan apa yang terjadi dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan juga mengalami turbulensi yang pastinya berdampak kepada kekuatan atau kelemahan serta peluang dan ancaman bisnis mereka.
Keberadaan IT itu sendiri akan memberikan dampak kepada bisnis entrepreneur agar bisa meminimalisir ancaman dan kelemahan para entrepreneur sembari meningkatkan kekuatan dan peluang yang ada bagi bisnis mereka. Hal ini penting karena relevan dengan konsep bisnis itu sendiri yaitu TP = TR – TC sebagai salah satu tujuan dari bisnis entrepreneur. Konsep TP merupakan total profit yang dihasilkan dari selisih total revenue terhadap total cost yang dikeluarkan oleh setiap entrepreneur dalam bisnis mereka.


Dalam hal ini, peranan IT berupa ERP atau enterprise Resources Planning dalam membeirkan kontribusi kepada peningkatan TP melalui Peningkatan TR dan menurunkan TC secara keseluruhan. Inilah yang menjadi gambaran bagaimana IT tersebut bisa menjadi Backbone dari bisnis para entrepreneur dalam mencapai tujuan bisnis mereka yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.
Sudah saatnya entrepeneur berfikir stratejik dengan memanfaatkan IT sebagai salah satu bagian untuk mendukung business process yang ada dalam perusahaan. Pemanfaatan IT itu akan menjadi cara untuk mencapai competitive advantage atau keunggulan bersaing ditengah tingginya tingkat persaingan dalam bisnis.
Memang pada awalnya, membutuhkan investasi yang tidak sedikit, akan tetapi, secara akumulatif, seorang entrepreneur akan mampu mencapai kinerja yang jauh lebih baik sehingga akan bisa membuat bisnis mereka unggul. entrepreneur diharapkan memiliki pemahaman yang sama dan fokus dalam memanfaatkan IT tersebut.


Share To:

meriza hendri

Post A Comment: