Bicara tentang bisnis, tentu tidak bisa dilepaskan dari rencana strategis yang memang harus dibuat oleh setiap entrepreneur agar bisa sukses dalam bisnis dan mencapai apa yang sudah dicita-citakan. Tujuan tersebut tentu tidak muda untuk direalisasikan karena bisnis itu seperti sebuah proses panjang yang setiap orang harus bisa melewatinya dengan baik dan akan memetik hasil yang optimal.

Dalam perjalanannya bisnisnya, entrepreneur akan dihadapkan bagaimana mereka berencana untuk mengembangkan bisnis tersebut kedepannya. Tidak hanya dalam konteks skala bisnis tetapi juga bagaimana mereka menambah bisnis yang dijalankan. Hal ini dapat dilihat bagaimana seorang entrepreneur bisa memiliki lebih dari satu bisnis dan memang sejatinya seorang entrepreneur nantinya diarahkan untuk memiliki lebih dari satu bisnis.



Akan tetapi, tidak akan mudah bagi seorang entrepreneur bisa melakukan hal tersebut karena berhubungan dengan bagaimana mereka mengelola sumber daya yang ada dan juga mampu membuat sumber daya tersebut menjadi sesuatu yang sangat bernilai dalam bisnsi mereka nantinya. Daya saing juga menjadi pertimbangan karena dengan bertambahnya bisnis, jangan sampai daya saing terhadap pesaing akan menurun.

Tentu hal ini tidak diharapkan terjadi karena akan mempengaruhi kualitas bisnis itu nantinya. Sejatinya, sebuah bisnsi yang dikembangkan harus bisa meningkatkan kualitas bisnis karena dengan adanya lebih dari satu bisnis, harus bisa bersinergi dalam membuat bisnsi itu dapat berjalan bersama. Ada aspek manajemen keuangan, pemasaran, sumber daya manusia dan juga operasi yang bisa dikerjasamakan.

Oleh karena itu, kualitas manajemen akan sangat menentukan keberhasilan seorang entrepreneur untuk memiliki lebih dari satu bisnis dan pada akhirnya, skala bisnis yang dimilikinya akan terus berkembang. Tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini sangat diharapkan oleh setiap entrepreneur.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu mulai memikirkan masterplan untuk setiap bisnis mereka. perlunya gambaran bisnis apa saja yang akan dikembangkan dan dijalankan nantinya oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis. Bidang bisnis ini menjadi sangat penting karena akan menentukan apa saja yang akan dilakukan oleh entrepreneur ketika mereka berbisnis untuk 10 tahun yang akan datang.

Selain itu, juga dapat tergambar langkah-langkah strategi yang  akan dilakukan oleh entrepreneur untuk merealisasikan rencana yang tertuang dalam masterplan tersebut. Rasanya, sudah saatnya entrepreneur merenung sebentar dan membuat rencana besar atau masterplan untuk bisnis nya 10 tahun kedepan…… bagaimana dengan anda???? Hmmmmm….  

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: