Hmmm.... Nah lho, kok bahasannya seperti itu ya? Bahasan yang menghubungkan antara bisnis dengan kehiidupan seorang manusia dengan bisnis. Dua hal yang biasanya orang belum aware tentang bisnis dan kehidupan.

Saya tertarik menuliskan kedua hal ini karena berhubungan dengan bagaimana saudara saya meninggal kemaren dalam usia yang relaatif muda, kurang lebih 45 tahun. Usia yang dalam kondisi bisnis merupakan usia masih produktif.

Namun demikian, saudara saya tersebut harus meninggalkan dunia ini. Tidak ada yang bIsa menahankalau usia sudah sampai pada titip dimana Tuhan memanggil setiap umat manusia. Hal iniharus diperhatikan sebagai sebuah kenyataan.


Bagaimana hubungannya dengan bisnis? Hal ini perlu menjadi renungan bisnis memiliki kesamaan karakter dengan kehidupan manusia yang juga terlahir dan akan berakhir dengan kematian. Hanya saja, dalam bisnis seringkali disebut dengan bangkrut atau bankruptcy.

Sama seperti saudara saya yang meninggal, bisnis juga seperti itu, kesadaran setiap entrepreneur menjadi kunci dalam mempertahankan bisnis agar tidak cepat mati karena inilah yang membedakan antara manusia dengan bisnis. Bisnis itu usianya "bisa diperpanjang" oleh para entrepreneur.

Apa yang perlu dilakukan? Pertama, pahami posisi siklus bisnis kita, apakah di introduction, growth, mature atau decline. Hal ini penting karenna akan menentukan strategi bisnis kita kedepan. strategi itu akan menentukan usia bisnis kita jangka panjang. Ini yang kedua.

Ketiga, entrepreneur perlu meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam bisnis mereka. Hal ini akan berhubungan dengan ide dan inovasi di keuangan, pemasaran, operasi dan sdm. Tentu entrepreneur harus terus belajar dan meningkatkan pengetahuan agar bisa kreatif dan inovasi. Ini yang keempat, pengetahuan.

Kelima, mendapatkan doa dari orang tua dan juga dukungan dari pasangan hidup bagi yang sudah berkeluarga. Ini penting untuk membangun ketenangan dalam berusaha karena didukung oleh keluarga dan orang tua.

Keenam, lakukan continues improvement dengan menggunakan knowledge management dalam diri sendiri. Setiap hal dalam bisnis ada pelajarannya.harus diambil hikmahnya.
Yang ketujuh adalah mendekatkan diri pada Allah SWT dan selalu berdoa semoga bisnis kita bisa panjang umurnya. Juga melakukan amal ibadah yang dapat mendekatkan diri pada Allah. Sholat tahajjut, dhuha dan sedekah, rasanya akan menjadi cara meningkatkan doa


Dengan beberapa hal ini akan bisa membuat usia bisnis kita lebih panjang. Innalillahi wainna ilaihi rojiun... Untuk saudara saya... Secuil tulisan sembari menunggu mobil di carwash.....

Powered by Telkomsel BlackBerry®









Share To:

meriza hendri

Post A Comment: