Bicara tentang loyalitas konsumen, setiap entrepeneru dituntut untuk bisa membuat setiap orang dalam perusahaan bisa menyadari akan pentingnya loyalitas konsumen untuk perusahaan. Kenapa demikian? hal ini terasa sekali ketika saya mengajarkan konsep entrepeneurship dan marketing management kepada para entrepreneur di GIMB Foundation beberapa waktu yang lalu, materi yang sejatinya harus mendapatkan perhatian agar setiap entrepreneur mulai peduli dan fokus pada penciptaan konsumen loyal yang akan berpengaruh kepada kelangsungan bisnis mereka.

Demikian juga dengan bahasan yang sudah dilakukan di Belbiz minggu lalu. Program yang memang fokus menjadi media untuk pembelajaran bagi setiap konsumen agar mereka bisa meningkatkan nilai dari setiap konsumen yang pernah melakukan transaksi dengan mereka. tidak bisa dipungkiri akan hal ini dan sudah menjadi kata kunci, untuk sukses dalam bisnis, entrepreneur harus bisa fokus pada penciptaan konsumen yang loyal.



Untuk bisa sukses dalam hal ini, entrepreneur harus bisa menciptakan tim yang kuat dan professional dalam memberikan pelayanan dan nilai kepada konsumen. Tim ini penting karena tidak mungkin entrepreneur melayani sendiri konsumen tersebut. entrepreneur harus bisa meningkatkan knowledge, skill dan attitude mereka agar bisa terus mengembangkan bisnis yang membutuhkan konsentrasi tinggi agar bisa memenangkan persaingan.

Konteks ini membutuhkan dukungan dari karyawan yang bisa membantu entrepreneur dalam mewujudkan setiap hal yang penting bagi bisnis mereka. dukungan dari karyawan bukan saja dalam bentuk jumlah karyawan yang seharusnya bisa melayani konsumen akan tetapi kualitas dari karyawan itu menjadi penting untuk diperhatikan. Kualitas ini berhubungan dengan kompetensi yang mereka miliki sehingga menjadi pekerjaan rumah yang tidak sedikit untuk bisa meningkatkan kualitas ini.

Program yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas entrepreneur adalam melalui pelatihan yang harus dibuat secara professional juga mulai dari desain pelatihan, pelaksanaan pelatihan sampai dengan evaluasi pelatihan yang dirasakan oleh setiap karyawan. Mereka harus terlibat dalam setiap aktivitas pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas mereka sendiri. Karyawan harus benar-benar diperhatikan.

Kenapa pelatihan ini penting? Karena berhubungan dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap kraywan. Kemaren, saya mendapatkan pernyataan dari seorang entrepreneur tentang pengalamannya yang dibuat oleh karyawan sehingga konsumen kecewa dan bahkan menyatakan kepada orang lain tentang kekecewaan mereka kepada orang lain. Kekecewaan yang berdampak kepada banyak hal yang membuat bisnis nya menurun.


Tentu kasus tersebut harus menjadi perhatian setiap entrepreneur ketika mereka bermaksud untuk mengembangkan bisnis, harus dibarengin dengan peningkatan kualitas karyawan sehingga dapat selarasa dan sejalan dengan pengembangan bisnis yang dilakukan. Jangan terjebak kepada pengembangan bisnis dengan melupakan pengembangan karyawan yang menjadi inti untuk sukses dalam bisnis.  

Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: