Menarik ketika membahas tentang layanan konsumen yang optimal karena pada dasarnya, entrepreneur perlu merubah mindset untuk menjadikan seluruh aspek bisnisn mereka saat ini sebagai sebuah bisnis. Perlakukan kepada apapun jenis bisnisnya, baik manufaktur, trading atau jasa sekalipun, tidak bisa dilepaskan dari jasa atau layanan yang diberikan kepada konsumen. Hal ini sudah menjadi sebuah tuntutan yang diberikan oleh konsumen kepada entrepreneur.

Salah satu moment penting dan bersifat kritis bagi entrepreneur dalam memberikan layanan kepada konsumen adalah ketika konsumen itu complain kepada entrepreneur, baik berhubungan dengan produk dalam bentuk barang atau jasa, maupun dalam bentuk proses penyampaian jasa yang diberikan kepada konsumen. Complain itu sah-sah saja karena akan menunjukkan bagaimana proses setelah terjadinya pembelian produk oleh konsumen.



Hal ini menunjukkan bagaimana seorang konsumen care atau peduli dengan produk ataupun layanan yang diberikan oleh entrepreneur. mindset setiap entrepreneur perlu dirubah terlebih dahulu ketika mendapatkan complain dari konsumen. Kenapa demikian? konsep dasar ketika konsumen  tidak menyampaikan complain kepada perusahaan, menunjukkan bagaimana mereka mennyimpan kekecewaan kepada perusahaan, tetapi ditahan dalam diri sendiri.

Tentu hal ini berbahaya karena bisa jadi mereka akan menyampaikan pada orang lain. Potensi ini selalu terjadi dimana orang yang kecewa akan selalu menyampaikan kepada orang lain yang tentunya tidak menyelesaikan masalah dari apa yang dihadapi oleh setiap konsumen tersebut. permasalahan ini akan terus terjadi.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu merubah mindset untuk mulai melihat bahwa apa yang terjadi itu adalah bagian dari proses pembuktian terhadap produk atau jasa yang kita sampaikan kepada konsumen. Tidak boleh terjebak dengan apa yang selama ini dirasakan bahwa produk kita itu sudah menjadi yang terbaik dan tidak ada kesalahan. Tentu hal ini berbahaya dan akan menjadikan bisnis rusak saat ini dan yang akan datang.

Inilah yang disebut moment of truth ketika seorang entrepreneur di complain oleh konsumen dan mereka memberikan layanan yang terbaik untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan dalam bisnis tersebut. penting untuk dipahami dan dimengerti ketika bisnis mereka dikomplain harus dilayani dengan baik. Minta maaf dulu karena itu adalah ucapan yang akanmembuat orang merasa dihargai oleh setiap entrepreneur.


Tanyakan masalahnya apa dan jelaskan apa yang terjadi juga. Lalu, lakukan perbaikan dan berjanji untukt idak mengulanginya lagi. Hal ini akan menjadi aktivitas penting dalam memberikan complain handling kepada konsumen. Tetapi, yang lebih penting adalah keikhlasan dan juta kecepatan melakukan perbaikan dalam masalah tersebut akan menjadi pembuktian kepada konsumen yang mengajukan complain. Inilah yang harus diperhatikan.  

Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: