Rasanya, kesimpulan ini perlu dipahami dengan baik oleh setiap entrepreneur dan pebisnis muda dimanapun berada. Dalam kegiatan Nubiz minggu lalu bersama dengan Siti Komariah dan teman-teman dari universitas Widyatama menunjukkan bagaimana komitmen dari kampus untuk mendukung setiap entrepreneur untuk sukses dalam berbisnis dengan mengembangkan berbagai komponen yang dimiliki oleh kampus untuk mendidik mahasiswa menjadi entrepreneur, bukan lagi menjadi seoran job seeker ketika mereka sudah lulus.

Apalagi ditambah lagi dengan pengalaman setiap entrepreneur dan mahasiswa yang bertemu dengan teman-teman mahasiswa dari Myongji University yang membawa misi untuk persahabatan dan juga untuk meningkatkan knowledge, skill dan attitude atau KSA yang berhubungan dengan konsep yang dibutuhkan oleh setiap mahasiswa nantinya dalam berbisnis ketika mereka sudahlulus dari kampus atau universitas.
Dalam berbagai hal yang berhubungan dengan bagaimana mahaasiswa mendapat pengetahuan dan pengalaman bisnis yang dibutuhkan, perlu entrepreneur mulai membangun hubungan baik dengan pihak kampus. Mereka memiliki kepentingan dengan mahasiswa dan entrepreneur yang berniat untuk sukses dengan berbisnis. Apa saja?

Pertama, kampus membutuhkan entrpeeneur untuk bekerjasama dalam mendidik mahasiswa untuk menjadi entrepeneru setelah mereka lulus. Entrepreneur itu akan sangat bermanfaat untuk sharing atau berbagi dengan para mahasiswa dengan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki. Sementara mahasiswa memiliki konsep yang sudah diajarkan oleh dosen dalam berbagai mata kuliah di perguruan tinggi.

Kedua, kampus memerlukan kerjasama dengan para entrepeneur dalam rangka pengabdian kepada masyarakat yang sejatinya dapat dijadikan sebagai tempat untuk mengaplikasikan berbagai pengetahuan yang mereka miliki sehingga terjadi pengembangan pengetahuan dalam keilmuan tersebut. demikian juga melakukan penelitian yang sangat diharapkan oleh pihak kampus kepada para pelaku bisnis. 

Ketiga, mereka juga membutuhkan pengembangan cara pembelajaran untuk kampus sehingga kualitas mahasiswa nantinya akan semakin meningkatkan dan bahkan langsung dilibatkan dalam proses produksi dan proses bisnis yang dimiliki oleh setiap entrepeneru dalam rangka penginatkan kerjasama dengan pihak luar. tentu ini menjadi tuntutan setiap entrepeneur dalam membangun kesuksesana. 

Inilah yang harus dipahami oleh setiap entrepeneru dalam mengembangkan bisnis mereka dimana pihak kampus yang nota bene adalah akademisi bisa disinergikan dengan bisnis mereka sehingga akan membuat bisnis tersebut semakin berkembang saat ini dan yang akan datang. 

TUlisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: