Sore ini, saya dan keluarga makan di salah satu rumah makan padang di Bandung. Makan siang ditempat yang sudah lama saya jadikan tempat makan. Bahkan sejak pertama kali saya di bandung, tahun 1995 sudah makan di rumah makan ini. Sekarang, tahun 2015, 20 tahun setelah pertama kali ke Bandung, rumah makan ini tetap saja ramai.

Ada apa dengan rumah makan ini? Kok bisa bertahan lebih dari 20 tahun. Konsep sustainability atau berkelanjutan tetap berlaku padanya. Tentu hal ini perlu dianalisis sebagai pelajaran yang sangat penting untuk bisnis ke depan.


Belum lagi konsep tumbuh dan berkembang bagi bisnis karena ada peningkatan skala bisnis dari mikro, kecil, menengah dan besar. Tentu hal ini menjadi harapan setiap pengusaha dalam berbisnis. Itu pula yang terjadi pada rumah makan tersebut.

Adanya penambahan jumlah rumah makannya dan juga jumlah penerimaan dalam bentuk penjualan yang terlihat pada jumlah cabang di kota Bandung. Bahkan ada cabangdekat rumah saya di Antapani yang besarannya bertambah.

Belum lagi pengunjung yang ramai setiap saya berkunjung ke rumah makan ini. banyak yang makan siang dan juga makan malam. Intinya adalah selalu ramai setiap hari dan terus menerus dikunjungi konsumen.

Lalu apa rahasianya? Hmmm.... Tidak mudah untuk menjawab pastinya. Karena bisnisnya terkesan bisnis keluarga. Dalam hal ini, ownernya sendiri dan tidak terlihat bagaimana dia membuka diri kepada khalayak umum dalam menjalankan bisnis.

Akan tetapi, ada satu hal yang menarik yaitu bagaimana bisnisnya pake konsep. Konsep bisnis rumah makan padang yang fokus padaa mahasiswa. Saya tertarik dengan konsep ini karena memang pada awalnya menyasar mahasiswa sebagai target market nya.

Sampai saat ini, terlihat juga konsumennya sebagian adalah mahasiswa dulu yang makan disana dan mereka sudah bekerja, tetap kembali ke sana. Tentu hal ini perlu menjadi pelajaran bagi entrepreneur yang bisnisnya menyasar mahasiswa.

Mereka adalah future market dan harus di "maintain" dengan baik agar bisa menjadi pasar potensial nantinya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: