Rasanya, pertanyaan ini harus selalu melekat di benak setiap entrepreneur bahwa memang pada saat ini, tingkat persaingan sudah demikian tinggi sehingga apapun yang sudah dimiliki oleh setiap entrepreneur terhadap konsumen mereka, akan selalu dikejar oleh pesaing dan mereka akan merebut konsumen dari setiap entrepreneur. rasanya, hal ini sudah menjadi hukum alam yang tidak bisa ditolak lagi. Sepanjang ada pasar dan konsumen akan selalu diperebutkan oleh para pelaku usaha.

Hal ini menjadi bahasan dalam acara Nubiz minggu lalu dan memang dirasakan oleh Udi Tarmudi yang menjadi narasumber dalam acara tersebut. Udi menjelaskan bagaimana bisnsi yang dia jalankan sebenarnya relevan dengan pekerjaan yang dia lakukan saat ini sebagai seorang karyawan dari perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dan garment benar-benar menuntut dia untuk selalu menjaga konsumen yang sudah dimilikinya.



Apalagi di Jawa Barat dimana banyak sekali perusahaan yang bergerak di sektor garment dan tekstil dan mereka memperebutkan pasar yang sudah ada di Jawa Barat dan juga di tingkat nasional. Pasar tekstil semakin berkembang seiring dengan semakin tumbuhnya entrepreneur di negeri ini dan tentunya mereka akan memilih pelaku usaha atau perusahaan yang mampu menawarkan value yang paling tinggi kepada konsumen.

Bahasan ini menjadi penting bagi setiap entrepreneur untuk terus bertanya tentang kenapa konsumen mau berpindah kepada pesaing dan dari contoh yang diberikan oleh Udi tadi, dapat dilihat bagaimana pertama, sudah terlalu banyak perusahaan yang menawarkan produk yang sama dengan target market yang sama. Mereka itu disebut pesaing. Jumlah pesaing yang semakin banyak menjadi penting untuk dipahami.

Selain jumlah, faktor kedua adalah bagaiimana strategi yang digunakan oleh masing-masing perusahaan pesaing tersebut. mereka tentu fokus kepada strategi yang dapat memberikan superior value kepada konsumen. Value inilah yang menjadi perhatian setiap pesaing agar bisa merebut hati konsumen dalam mendapatkan produk dan value dari entrepreneur.

Ketiga berhubungan dengan bagaimana pesaing melakukan promosi kepada entrepreneur. promosi yang dilakukan pesaing ini semakin interaktif dan kreatif sehingga mampu menarik perhatian, minat dan bahkan mereka langsung melakukan aksi dengan membeli produk kepada pesaing. Inilah mereka berpindah kepada pesaing yang sudah siap menunggu mereka untuk membeli berbagai produk yang ditawarkan.


Keempat, bagaimana pesaing menjaga kepuasan konsumen yang ditawarkan dan diberikan oleh pesaing untuk konsumen. Puas menjadi kunci sukses dalam mendapatkan dan mempertahankan konsumen. Yang terakhir adalah bagaimana mereka membuat konsumen loyal dan terus tetap bersama mereka dan akan menarik konsumen yang ada di entrepreneur melalui rekomendasi dari konsumen yang sudah merasakan produk dan layanan dari pesaing. 

Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: