Dalam program Nubiz minggu lalu, Pak Deni, Kepala Balatkop Dinas KUMKM jawa barat dengan tegas menyatakan bagaimana pemerintah Jawa Barat, yang dalam hal ini Gubernur Jawa Barat benar-benar fokus dalam penciptaan wirausaha baru untuk bisa menggerakkan roda ekonomi di provinsi ini. 100.000 wirausaha baru akan dicetak selama lima tahun sejak tahun 2014. Pencetakan ini tidak hanya dalam konteks memberikan pelatihan dan pedampingan, akan tetapi juga membantu pembiayaan melalui produk Kredit Cinta Rakyat (KCR) yang bekerjasama dengan Bank BJB.

Hmmmm… rasanya, bagi para entrepreneur muda di jawa Barat harus menjadi sebuah peluang yang benar-benar harus dimanfaatkanuntuk menggapai kesuksesan dalam bisnis. Kesuksesan yang sejatinya menjadi kunci untuk mendapatkan apa yang diharapkan dalam bisnis tersebut. Seringkali orang terjebak dengan apa yang dihadapan mereka dan kurang membuka mata untuk meraih tujuan dengan asumsi bahwa lingkungan bisnis itu begitu saja. Yang ada hanya persaingan dan tidak memberikan peluang kepada mereka, akan tetapi memberikan ancaman.


Tentu konsep ini harus mulai dirubah oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Tidak ada konsep yang selalu menjadi ancaman dari lingkungan bisnis, akan tetapi, ada juga peluang yang harus dimanfaatkan. Ingat, konsep entrepreneurship itu sangat relevan dengan bagaimana mereka bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada dalam bisnis sehingga bisa mengembangkan bisnis mereka masing-masing.

Peluang yang bisa dimanfaatkan itu adalah dari pemerintah yang memiliki peran sebagai regulator dan juga pemilik uang atau anggaran yang harus dikelola untuk kemaslahatan rakyat. Kalau kita di Jawa Barat, tentu pemerintah Jawa Barat memiliki program untuk pengembangan ekonomi masyarakat Jawa Barat, khususnya bagi entrepreneur muda yang memang sedang tinggi-tingginya komitmen mereka untuk sukses dengan menjadi entrepreneur muda.

Program pencetakan 100.000 wirausaha baru Jawa Barat ini perlu mendapatkan perhatian khusus oleh setiap entrepreneur dalam menggapai kesuksesan dalam bisnis. Perhatian untuk memanfaatkannya dalam setiap aktivitas bisnis yang mereka jalankan. Dengan menjadi bagian dari program mencetak 100.000 WUB ini, maka entrepreneur bisa mendapatkan, pertama, kesempatan untuk meningkatkan knowledge, skill dan attitude (KSA) yang dibutuhkan oleh entrepreneur dalam membangun bisnis.

Entrepreneur yang sukses itu adalah berbasis pengetahuan, khususnya pengetahuan tentang entrepeneurhsip, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen dalam menjankan bisnis tersebut setiap hari. Pelatihan dan pendampingan dari sarjana wirausaha nantinya akan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas entrepeneurship anak muda.

Kedua, kesempatan untukmendapatkan networking dari berbagai stakeholder. Ini penting bagi entrepreneur yang memang berkomitmen untuk meningkatkan skala bisnis mereka. ada konsep social capital yang bisa dimanfaatkan oleh entrepreneur dalam membangun bisnis. Modal sosial berupa jaringan bisnis yang sejatinya dapat dimanfaatkan dengan baik.

Ketiga, kesempatan untuk berpromosi dengan memanfaatkan setiap momentum yang diberikan oleh dinas dan pemerintah Jawa Barat kepada setiap entrepreneur. hal ini tidak mudah untuk didapatkan dan kesempatan menjadi bagian dari program WUB akan menjadi penting.

Keempat, kesempatan untuk mendapatkan pendanaan dengan menjadi bagian dari program WUB dimana program Kredit Cinta Rakyat memang diarahkan untuk wirausaha. Inilah yang penting juga karena tidak semua orang berkesempatan untuk mendapatkan kesempatan ini.

Oleh karena itu, sudah sejatinyalah entrepreneur mulai peduli dengan apa yang mereka lakukan dengan mencari peluang yang ada di masyarakat untuk bisa dioptimasi menjadi nilai bagi perusahaan.


Meriza Hendri, Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: