Bahasan dalam Belbiz, atau belajar bisnis pada minggu lalu masih seputar tentang loyalitas konsumen yang memang menjadi perhatian setiap entrepreneur untuk bisa mencapai keunggulan bersaing dimana mereka tidak bisa memperebutkan pasar dengan mudah saat ini dan diharapkan nantinya bisa mengoptimalkan consumer quality atau kualitas konsumen. Dari setiap konsumen, harus bisa dioptimalkan agar mereka memberikan kontribusi pada perusahaan.

Salah satu aspek yang penting dalam loyalitas konsumen adalah bagaimana setiap konsumen itu mencapai kondisi dimana mereka menolak pesaing. Ini adalah tingkat yang paling tinggi dalam loyalitas konsumen dimana ketika pesaing juga selalu mengikuti entrepreneur dan berusaha untuk merebut konsumen, “benteng” yang dimiliki oleh setiap entrepreneur dengan tidak mau “berpindah kelain hati” menjadi asset yang luar biasa.


Bujuk rayu yang dilakukan oleh pesaing tidak akan pernah berhenti karena itulah hukum yang terjadi dalam setiap bisnis. Ketika sebuah bisnis sudah mendapatkan keberhasilan, pesaing akan mengikuti mereka dan akan mengejar mereka. tidak akan pernah berhenti mereka akan mengejar sehingga itu menjadi sebuah tantangan yang luar biasa. Jadi, setiap entrepreneur tidak boleh terlena dengan capaian mereka karena pesaing akan selalu mengikuti.

Ketika kondisi seperti ini, pertahanan yang dimiliki oleh setiap konsumen dengan menolak penawaran dari pesaing menjadi penting. Mereka tidak perlu dibayar karena dilakukan secara ikhlas. Tetapi, yang pasti mereka menjadi asset yang luar biasa untuk meningkatkan nilai bisnis dari aspek kualitas konsumen yang memberikan value bagi setiap aktivitas bisnis yang semakin besar. Itu penting bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

Untuk mencapai hal ini, entrepreneur perlu fokus kepada pengembangan produk yang berkualitas dan juga layanan kepada konsumen. Pengembangan produk yang menjadi perhatian utama setiap entrepreneur dengan mengikuti need, want dan demand konsumen. Selera mereka juga selalu mengalami perubahan dan di saat itulah entrepreneur harus bisa membuat produk yang sesuai dengan selera mereka. Tidak bisa dipungkiri ketika mereka juga sangat peduli dengan perubahan pasar itu.

Kecepatan setiap entrepreneur dalam menganalisis need, want dan demand pasar atau konsumen itu menjadi penting dan membuat penawaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. tidak hanya sebatas memenuhi akan tetapi bahkan bisa beyond atau melebihi harapan konsumen. Mereka akan merasakan nilai tambah yang lebih baik dan bahkan superior value bagi konsumen yang akan menjadi benteng untuk setiap entrepreneur dalam menghadapi persaingan.

Inilah yang menjadi pelajaran untuk setiap entrepreneur dalam mencapai bisnis yang lebih baik. Ketika entrepreneur bersaing memperebutkan pasar, entrepreneur sudah aman dalam pasar mereka dengan daya tahan yang dilakukan oleh setiap konsumen tersebut. 

Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: