Demikianlah salah satu pernyataan Kunto Aji, pemimpin cabang Bank BJB Purwakarta yang menjadi salah seorang narasumber dalam acara Belbiz, belajar bisnis yang diselenggarakan oleh GIMB Entrepeneur School bersama Radio K-Lite. Memang kedatangan Kunto, memberikan sharing yang luar biasa bagi setiap entrepreneur yang seringkali dipanggil dengan sebutan sahabat Belbiz atau sahabat K-Lite pada setiap kesempatan.

Tema yang diangkat memang sangat unik dan berhubungan dengan bagaimana mereka bisa mendapatkan value dari setiap aktivitas bisnis dari konsumen yaitu membangun loyalitas konsumen. Saat ini, memang tema ini menjadi sangat stratejik karena berhubungan dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi diantara pelaku bisnis dan juga perilaku konsumen yang selalu berubah seiring dengan perubahan lingkungan bisnis. Tidak bisa dipungkiri bagaimana mereka sangat mudah berpindah ke pesaing ketika merasakan bahwa layanan yang diberikan oleh entrepreneur tidak sesuai dengan harapan mereka.


Disinilah pentingnya entrepreneur memperhatikan konsep loyalitas konsumen dan hubungannya dengan melayani dengan hati. Itu kata Kunto aji. Kalau dilihat secara mendalam, memang saat ini ada tuntutan kepada setiap entrepreneur untuk mulai fokus kepada pelayanan sepenuh hati kepada konsumen. Hati setiap konsumen harus disentuh agar mereka bisa merasakan bagaimana kualitas layanan yang diberikan.

Tidak mudah bagi enterpeneur memberikan layanan seperti halnya orang lain saat ini. pesaing juga memberikan “pelajaran” kepada setiap konsumen bagaimana mereka bisa merebut hati setiap pelanggan. Hal ini tentu berakibat kepada bagaimana setiap pelanggan mendapatkan pembelajaran baru dari pesaing. Pembelajaran tersebut tentu akan menjadi faktor perubah dalam perilaku pelanggan saat ini dan yang akan datang.

Inilah yang harus diperhatikan oleh setiap entrepreneur agar bisa membuat konsumen mereka menjadi loyal. Layani dengan sepenuh hati menunjukkan keikhlasan setiap entrepreneur memberikan layanan kepada konsumen. Bukan karena keterpaksaan atau tidak ada pilihan lain. Ketika bisa melayani konsumen dengan hati, konsumen juga akan merasakan kualitas layanan yang diberikan oleh entrepreneur itu sendiri.

Selanjutnya, layanan itu akan menyentuh hati mereka juga. Ini yang paling penting ketika konsumen sudah merasakan bagaimana hati mereka sudah “terkunci” dengan layanan yang diberikan oleh entrepreneur. oleh karena itu, perlu entrepreneur fokus dalam melayani konsumen dengan sepenuh hati dan nantinya juga akan menyentuh hati mereka. ketika itu sudah terjadi, mereka akan sangat loyal kepada perusahaan.

Kedua, memberikan produk yang berkualitas kepada konsumen. Rasanya, hal ini sudah menjadi syarat wajib yang harus dimiliki dan diberikan kepada konsumen. Kualitas berhubungan dengan bagaimana entrepreneur memberikan produk sesuai dengan yang diharapkan oleh konsumen. Kesesuaian ini akan memperlihatkan bagaimana kualitas produk itu ada atau tidak dalam diri mereka. tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas memang menjadi perhatian utama setiap konsumen.

Ketiga, perlu memperhatikan need, want dan demand dari setiap konsumen. Ketiga konsep ini  menjadi penting bagi setiap entrepreneur agar bisa menawarkan produk yang sesuai dengan mereka. need berhubungan dengan kebutuhan konsumen, want berhubungan dengan keinginan dan demand berhubungan dengan keinginan yang didukung oleh daya beli setiap konsumen. Tentu hal ini menjadi perhatian penting ketika persaingan semakin tinggi dan entrepreneur harus bisa memahami dengan baik. Membaca perilaku konsumen akan memudahkan pemahaman entrepreneur akan hal ini dan pastinya dapat membuka jalan dalam memberikan layanan yang tepat……


Meriza Hendri, Tulisan ada di www.belbizonradio.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: