Beberapa hari yang lalu, saya diminta oleh teman yang sedang menyelesaikan kuliah S2 dan membuat sebuah buku yang berhubungan dengan konsep motivas untuk memberikan pendapatan tentang makna dari kesuksesan. Waduh…. Pertanyaan sederhana akan tetapi sangat dalam dan tajam karena menyangkut apa yang seharusnya didefinisikan dulu oleh setiap orang sebelum melakukan apa-apa dalam kehidupan ini, khususnya dalam menjalankan bisnis.

Seringkali orang hanya terjebak dengan konsep “jalankan dulu’ atau action dulu serta konsep-konsep lainnya yang mendorong orang untuk langsung menjalankan apa yang ada difikiran mereka. saya termasuk orang yang setuju dengan konsep ini diawal ketika akan memulai suatu tindakan, termasuk juga dengan bisnis yang dijalankan. Hal ini diperlukan untuk memulai bisnis yang sejatinya menjadi pilihan untuk menjadi seorang entrepreneur.


Namun demikian, dalam konteks bisnis, harus jelas dan terukur perkembangan yang hendak dicapai. perkembangan yang akan memperlihatkan bagaimana bisnis yang dipilih dan dijalankan tersebut benar-benar mengikuti sebuah proses yang kalau diperhatikan akan memberikan nilai pada setiap tahap. Selain itu, ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi oleh setiap entrepreneur untuk keputusan dan yang tak kalah penting adalah ketika akan menumbuhkan perusahaan, mereka membutuhkan manajemen.

Disinilah pentingnya seorang entrepreneur untuk memulai pemahaman tentang indikator dalam setiap aktivitas bisnis yang berdimensi waktu juga. Dimensi yang seharusnya menjadi acuan untuk bisa dipertanggungjawabkan dalam bisnis. Kalau kita melihat konsep sukses dengan baik dan dalam, bisa didapatkan indikator yang bisa dijadikan penialaian apakah proses yang  berjalanan selama ini termasuk sukses atau tidak.

Kalau bisa memenuhi indikator kesuksesan, maka apa yang dilakukan oleh entrepreneur dapat dikatakan sebuah kesuksesan dan perlu entrepreneur melakukan peningkatkan agar pesaing atau competitor tidak bisa mengalahkan. Kebiasaan selama ini menunjukkan bagaimana pesaing itu sangat berupaya untuk selalu mengalahkan entrepreneur dalam meraih sukses.

Sebaliknya, kalau tidak sesuai antara  kenyataan dengan indikator yang ada, maka perlu dievaluasi kenapa itu terjadi dan apa tindakan perbaikan yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur guna meningkatkan pencapaian yang dimaksud. Kesuksesan yang memiliki arti yang mendalam menjadi sangat penting untuk diperhatikan dan dipegang oleh setiap entrepreneur.

Kalau saya sendiri, memaknai  kesuksesan adalah kondisi dimana saya bisa mencapai apa yang saya rencanakan dan menjalankannya sendiri sehingga bisa memberikan manfaat untuk saya sendiri, keluarga, orang lain (ummat), alam dalam jangkapanjang. Kesuksesan ini sangat sangat luas konteksnya sehingga dalam hal ini, terlihat bagaimana setiap aktivitas saya tetapkan tujuan yang jelas untuk diri sendiri, keluarga, orang lain, lingkungan alam dalam jangka panjang.

Ketika sudah menetapkan tujuan ini, saya akan selalu dapat melihat apakah yang saya lakukan tersebut bisa tercapai atau tidak. Kalau tercapai, akan selalu saya tingkatkan dan ambil pelajaran dari setiap langkah atau tahapannya. Akan tetapi, kalau tidak, saya akan berupaya untuk melakukan perbaikan pada setiap langkah yang ada.

Inilah yang menjadikan setiap aktivitas menjadi semakin bermakna untuk dilakukan setiap saat oleh setiap entrepreneur dalam rangka mencapai tujuan bisnis yaitu menjadi juara atau keunggulan bersaing ditengah tingginya tingkat persaingan yang selalu menjadi perhatian para entrepreneur dalam konteks dia harus menjadi ahli strategi. Iingkungan selalu berubah dan saatnya entrepreneur fokus pada arti kesuksesan dalam setiap aktivitas yang dijalankan. SALAM JUARA….


Meriza Hendri, Tulisan ada di www.juaranews.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: