Rasanya, kalimat ini perlu direnungkan oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis, apalagi menghadapi ketidakpastian dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak bisa dikontrol dan bahkan mengalami turbulensi. Hal ini tentu akan berpengaruh kepada bagaimana seorang entrepreneur menggapai kesuksesan dalam konteks profit, people, planet serta sustainability, tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Hal ini menjadi perhatian utama setiap entrepeneru ditengah fungsi yang harus dijalankan adalah bagaimana mereka mampu menjadi ahli strategi dan menerapkan strategi dalam bisnis tersebut. menjadi ahli strategi rasanya sudah menjadi sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi karena banyaknya hal-hal yang harus diselesaikan oleh entrepreneur. Kewajiban mereka untuk bisa mencapai kesuksesan karena memang menjadi entrepreneur itu adalah pilihan hidup.




Disnilah entrepreneur perlu memiliki konsep yang jelas dalam berbisnis dan fokus kepada core competency bisnis masing-masing. Tidak ada lagi seorang entrepreneur berbisnis dengan ala kadarnya dengan tidak memperhatikan berbagai aspek yang tidak relevan dengan bisnis tersebut. ingat, bisnis itu adalah serangkaian aktivitas yang mengelola sumber daya dan menghasilkan produk untuk mencapai tujuan. Disekitar bisnis ada lingkungan yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi.

Konsep bisnis yang jelas ini menggambarkan bagaimana mereka memiliki keunggulan ide yang dituangkan dalam bentuk bisnis yang akan dijalankan dan dikembangkan oleh setiap entrepreneur. Ide ini merupakan bentuk kreativitas dan inovasi yang dimiliki oleh setiap entrepreneur dan menjadi ciri khas untuk menjadi entrepreneur sukses. Tidak ada pengecualian dalam bisnis sehingga sudah sewajarnya entrepreneur memiliki konsep bisnis yang kuat.

Selain itu, entrepreneur perlu memiliki strategi yang kuat dalam bisnis mereka. strategi ini berhubungan dengan faktor internal dan eksternal bisnis mereka. berdiri di kaki sendiri merupakan cerminan bagaimana entrepreneur memiliki kekuatan dari faktor internal dari konteks resources, capability, competency sampai kepada core competency yang dimiliki oleh setiap orang entrepreneur dan juga lingkungan internal mereka dalam hal keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.

Aspek internal ini harus menjadi perhatian entrepreneur dalam berbisnis karena akan berhubungan dengan pencapaian keunggulan bersaing atau competitive advantage oleh setiap entrepreneur. keunggulan yang sejatinya menjadi tool untuk mencapai kinerja bisnis yang diharapkan oleh entrepreneur. tanpa keunggulan bersaing, entrepreneur akan menghadapi kendala yang sangat besar.


Jadi, sudah saatnya entrepreneur fokus untuk meningkatkan kualitas lingkungan diri dan juga lingkungan internal bisnisnya untuk bisa mencapai keunggulan bersaing agar bisa mendapatkan keunggulan bersaing yang sesuai dengan target mereka masin-masing. Bagaimana dengan anda???? Hmmm…..  

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: