Sebagai seorang entrepreneur, tentu tantangan terbesar adalah bagaimana bisa membuat diri menjadi orang yang selalu memiliki motivasi tinggi untuk sukses dalam menjalankan bisnis. Apalagi di setiap hari senin yang pastinya menuntut energy tinggi agar bisa sukses dalam seminggu ke depan. Kalau boleh dibilang, hal ini berawal dari bagaimana seorang entrepreneur melihat diri mereka dan bekerja pada hari senin.

Apa perbedaan antara entrepreneur dengan karyawan? Kalau karyawan bisa dimotivasi oleh atasan mereka dan pastinya akan mempengaruhi kinerja mereka saat ini dan yang akan datang. Bisa juga motivasi yang diberikan dalam bentuk kenaikan gaji, bonus, insentif dan lain-lain yang notabene itu berasal dari atasan atau lingkungan perusahaan yang bisa dijadikan sebagai dasar untuk bekerja lebih baik baik.


Hal ini tidak dapat dirasakan oleh entrepreneur karena yang seharusnya memotivasi mereka adalah diri mereka sendiri karena tidak ada lagi yang lain yang akan memotivasi mereka selain mereka sendiri. Mereka bekerja untuk diri sendiri dan itu akan selalu berlaku seperti itu. Oleh karena itu, motivasi itu berasal dari diri mereka sendiri dan ketika mampu memotivasi diri, akan berdampak positif kepada diri dan bisnis.

Dalam konteks ini, entrepreneur perlu memahami konsep dasar bagaimana mereka seharusnya mampu memberikan motivasi diri. Artinya adalah dorongan untuk sukses haruslah berasal dari diri sendiri dan itu bisa ditimbulkan dari bagaimana entrepreneur mampu melihat diri dan apa yang akan mereka capai dalam bisnis itu pada khususnya dan diri sendiri pada umumnya karena tidak bisa dilepaskan dari konteks  kehidupan dan juga bisnis.

Dorongan ini dapat dihasilkan dari beberapa hal dan yang pertama adalah impian terhadap diri sendiri. Apa impian atau visi dari setiap entrepreneur terhadap diri mereka ini dalam kehidupan. Perlu didefinisikan dengan jelas sehingga dapat diketahui arah mana yang akan dicapai dan apa yang hendak dirasakan ketika impian tersebut bisa direalisasikan dalam kehidupan.

Kedua, apa impian bisnis setiap entrepreneur. bisnis itu juga harus memiliki visi yang jelas dan akan menjadi arah yang jelas sehingga akan bisa membuat bisnis yang lebih terarah. Seringkali orang kurang fokus dalam membuat visi pribadi dan juga visi bisnis karena dirasakan sebagai sebuah yang tidak penting dalam aktivitas bisnis mereka. padahal, aktivitas ini menjadi sangat penting untuk sukses dalam bisnis.

Perlu rasanya setiap entrepreneur untuk mulai menyadari akan kondisi dimana keberhasilan bisnis mereka sangat ditentukan oleh bagaimana mereka mampu memberikan motivasi tinggi terhadap diri sendiri karnea tidak ada orang yang akan memotivasi diri seperti halnya yang dirasakan oleh setiap karyawan dalam perusahaan. Motivasi bagi entrepreneur itu sangat ditentukan oleh kemampuan mereka untuk memotivasi diri.


Bagaimana dengan anda? Sudahkah memiliki kemampuan untuk memotivasi diri untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis? 

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: