Rasanya, pernyataan ini perlu mendapatkan perhatian oleh setiap entrepreneur karena inilah yang seringkali ditakutkan oleh banyak orang ketika memilih menjadi seorang entrepreneur. Pernyataan yang sangat sederhana tetapi sungguh mendalam kalau mau didalamin dengan baik. Kondisi bisnis yang turun dan banyak pembatalan dalam bisnis, akan menjadi kondisi yang selalu dihindari.

Namun demikian, setiap entrepreneur pasti sudah menyadari akan resiko seperti ini karena setiap pilihan akan memberikan konsekuensi logis yang melekat pada pilihan tersebut. Resiko… inilah yang harus benar-benar dipahami dengan baik sehingga setelah diketahui resikonya, barulah mengambil langkah-langkah yang bersifat stratejik untuk mengurangi resiko tersebut.

Siap-siap menghadapi kondisi terburuk adalah kondisi yang akan dihadapi ketika lingkungan eksternal dan juga lingkungan internal tidak seperti yang diharapkan oleh entrepreneur sehingga akan mempengaruhi kondisi bisnis itu sendiri. Oleh karena itu, entrepreneur perlu melakukan beberapa hal yang berhubungan dengan bisnis yaitu pertama, mulai memetakan resiko yang timbul.



Pemetaan ini penting untuk bisa menganalisis dampak dari resiko tersebut kepada diri dan juga bisnis saat ini dan yang akan datang. Dampak ini akan dihitung dengan perhitungan TP = TR – TC yaitu bagaimana pengaruhnya kepada profit, total revenue dan juga total cost  yang melekat dalam setiap aktivitas bisnis setiap entrepreneur. Rumus tersbut akan sangat erat hubungannya dengan resiko tadi. Analisis ini merupakan langkah kedua yang harus dilakukan oleh entrepreneur.

Ketiga , menganalisis langkah-langkah strategis untuk mengurangi resiko yang ada di dalam setiap bisnis khususnya dalam menghadapi kondisi terburuk dalam bisnis tersebut. Antisipasi menjadi penting untuk membuat resiko tersebut menjadi sangat minimal untuk setiap bisnis dan juga setiap orang yang memilih menjadi entrepreneur tersebut.

Keempat, mengkomunikasikan resiko tadi kepada orang-orang terkait sehingga setiap orang memahami dampak dari resiko dan kondisi terburuk tersebut.  Jujur dalam menyampaikan berbagai hal yang berhubungan dengan resiko terburuk yang akan terjadi akan membantu mempersiapkan mental setiap orang terkait dengan bisnis ini untuk mempersiapkan diri mereka.

Inilah yang perlu mendapatkan perhatian dari pada entrepreneur ketika akan menghadapi kondisi terburuk yang nantinya jangan sampai membuat bisnis dan diri mereka menjadi tetap sukses dalam bisnis.  Bisnis itu memang penuh dengan masalah dan sudah saatnya entrepreneur tetap mempersiapkan menghadapi kondisi terburuk ini. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: