“Kang Meriza, kok susah banget untuk bertahan dalam bisnis ini sementara saya dihadapkan dengan berbagai masalah yang pastinya sangat mengganggu perjalanan bisnis saya saat ini dan yang akan datang…” inilah pernyataan dari seorang binaan saya di GIMB Foundation dalam menghadapi berbagai permasalahan bisnisnya. Pernyataan yang bagi saya sangat sederhana tetapi akan menentukan bisnis nya kedepan.

Banyak entrepreneur harus sadar dengan kondisi yang akan dihadapi dalam bisnis. Hal ini sebuah konsekuensi logis dari bisnis tersebut dimana bisnis berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti dan juga mengalami turbulensi sehingga akan berdampak kepada diri dan bisnis mereka masing-masing. Hal ini adalah kenyataanyang tidak bisa ditolak oleh setiap entrepreneur dan menjadi kesadaran yang mendalam untuk bisa melewati semuanya.



Pertanyaan sekarang apakah kita siap menjadi seorang juara dalam bisnis? Seorang entrepreneur yang mampu mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage dalam bisnis yang menghadapi berbagai halanan dan tantangan serta ancaman yang setiap saat selalu menghantui seorang entreperneru dalam berbisnis. Pertanyaan ini perlu direnungkan dengan baik agar tidak aja menjadi faktor yang penting bagi bisnis, tetapi bisa menjadi dasar untuk menata bisnis saat ini dan yang akan datang.

Rasanya, setiap entrepreneur harus sepakat dengan jawaban bahwa mereka harus siap untuk menjadi juara dalam bisnis. Sebuah kondisi dimana bisnis mereka mencapai keunggulan bersaing dan jauh lebih baik daripada pesaing-pesaing yang ada dalam industri atau bisnis yang mereka masuki. Jangan menjadi nomor tiga atau empat, menjadi nomor satu dan atau nomor dua adalah sebuah syarat untuk bisa membuat bisnis saat ini bisa bertahan jangka panjang serta tumbuh dan berkembang.

Saya jadi teringat dengan pernyataan Jack Welch yang menyatakan bahwa bisnis GE (General Electric) harus bisa menduduki posisi nomor satu atau nomor dua, atau tidak sama sekali. Sebagai seorang Presiden direktur General Electric selama dua puluh tahun, tentu pernyataan ini bukanlah sebuah pernyataan yang asal-asalan dari seorang CEO yang sangat berpengaruh dalam bisnis. Pernyataan yang pastinya memiliki dasar yang kuat dalam membangun bisnis.

Inilah sejatinya yang menjadi perhatian seorang entrepreneur untuk menjadi juara dalam bisnis mereka. menjadi juara sejati dalam bisnis dan mampu membuat bisnis tersebut besar, tumbuh dan berkembang dibandingkan dengan pesaing. Kalau tidak, habislah bisnis kita dikalahkan oleh pesaing yang akan selalu mengejar dan juga mengincar posisi nomor satu atau nomor dua tersebut. tidak akan pernah berhenti untuk mengejar kita,

Oleh karena itu, kesadaran setiap entrepreneur untuk memiliki sikap mental juara adalah sesuatu yang diwajibkan untuk bisa membangun bisnis yang unggul dan berkelanjutan. Mulailah dari diri sendiri terlebih dahulu dengan mempertanyakan apa yang bisa dilakukan dengan bisnis ini untuk bisa lebih unggul. Ketika sudah bisa dijawab, makan semua orang dalam perusahaan juga harus bisa merasakan bahwa tugas mereka untuk mebuat bisnis mereka besar dan semakin besar di atas para pesaing .


Saatnyalah entrepreneur mulai mengevaluasi diri dengan bertanya kepada diri sendiri tentang siapkan mereka untuk menjadi juara dalam bisnis? Jawablah dengan jujur…. Kalau iya, marilah belajar untuk terus membuat bisnis kita mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage ditengah persaingan bisnis yang semakin meningkat…. SALAM JUARA…
Meriza Hendri, tulisan ada di www.juaranews.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: