Rasanya, materi yang diberikan dalam program nubiz minggu lalu sudah mengerucut tentang bagaimana seorang entrepreneur dituntut untuk bisa fokus untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan peluang yang diberikan oleh pemerintah dan juga perbankan . peluang yang seharusnya bisa menjadi modal sosial bagi setiap entrepreneur ketika mereka menghadapi banyak kendala dalam bisnis dan keterbatasan dalam modal.

Kalau dilihat, pemerintah memang memiliki kepentingan yang luar biasa dalam bisnis setiap entrepreneur. pemerintah membutuhkan entrepreneur yang sukses yang bisa berkontribusi pada pengembangan ekonomi dan sosial masyarakat sehingga Negara ini bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan apa yang sudah ditargetkan kepada mereka. Negara ini membutuhkan pahlawan ekonomi yang namanya entrepreneur sehingga kesuksesan bisa dicapai.



Perjuangan dalam membangun Negara tidak lagi dengan bambu runcing seperti yang dilakukan oleh banyak pejuang dimasa lalu. Keberadaan entrepreneur bisa menggantikan peran yang dilakukan oleh pejuang dulu. Oleh karena itu, beruntunglah anak muda yang memilih untuk menjadi entrepreneur ketika teman-teman lain memilih untuk menjadi seorang karyawan. Keberadaan mereka sebagai seorang entrepreneur menjadi sangat penting bagi Negara.

Program pemerintah sangat bermanfaat bagi entrepreneur. disinilah kejelian entrepreneur melihat kesempatan untuk yang bisa dimanfaatkan dalam pengembangan bisnis mereka. Baru saja saya mendapat kabar dari anak muda yang nota bene adalah binaan saya dalam berbisnis. Beliau mendapat kesempatan untuk mengikuti pameran di Malaysia dan tidak semua orang bisa mengikuti acara ini karena memang entrepreneur sukses sajalah yang bisa berkesempatan untuk meraihnya.

Demikian juga dengan perbankan. Mereka tidak serta merta hanya memiliki program kredit bagi entrepreneur yang memang menjadi core business mereka. akan tetapi, mereka juga memiliki program sosial yang bertujuan untuk mengembangkan bisnis UMKM di sekitar kantor ataupun tempat mereka beroperasi. Kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh setiap entrepreneur agar bisa menghasilkan kesukesan dalam bisnis.

Dengan modal sosial seperti ini, rasanya, setiap entrepreneur harus mulai sadar dan peduli untuk fokus dalam mengembangkan bisnis. Fokus untuk bisa memanfaatkan peluang dan menggunakannya untuk bisnis masing-masing adalah tuntutan untuk anak muda. Seringkali anak muda tidak fokus dengan apa yang mereka kerjakan sehingga terlihat tidak berupaya untuk mencapai apa yang mereka impikan dengan baik.


Disinlah tantangan anak muda saat ini dan harus menjadi sesuai yang menghasilkan dan memberikan manfaat untuk bisnis mereka kedepan. Jangan tidak fokus lagi dengan bisnis karena bisnis itu juga tidak mau diselingkuhi dengan aktivitas lainnya. 

Tulisan ada di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: