Akhirnya, dari program Nubiz minggu lalu, dapat disimpulkan bagaimana seorang wirausaha perlu memikirkan kembali konsep bisnis yang mereka jalankan dan rencana untuk memasuki pasar luar negeri. Korea Selatan sebagai salah satu negara yang memiliki bisnis besar, perlu menjadi target maret bagi produk-produk wirausaha dan banyak potensi yang bisa dimanfaatkan secara optimal kalau ingin membuat bisnis lebih sukses.

Tentu mindset seorang wirausaha untuk memasuki pasar luar negeri perlu diperbaiki yaitu bagiamana menjadi perusahaan yang fokus pada market driven. Pasar sebagai driver atau pendorong untuk produk masing-masing. Pasarlah yang akan menjadi dasar dalam membuat produk. Tentu kualitas menjadi nomor satu sebagai standar yang membuat konsumen itu mau membeli dan puas dengan apa yang ditawarkan.



Pemahaman tentang masyarakat negara lain berasumsi bahwa setiap masyarakat sebagai target maret memiliki need, want dan demand yang berbeda-beda satu sama lain. Perbedaan ini menjadi pertimbangan dalam menawarkan produk yang sesuai dengan selera mereka. jangan sampai salah dalam menawarkan produk karena akhirnya akan berdampak pada kegagalan bisnis yang akan mempengaruhi bisnis jangka panjang.

Perbedaan need, want dan demand ini sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen yang dimiliki masing-masing konsumen. Mereka memiliki cara tersendiri dalam menentukan masalah produk yang dipilih. Kemudian membeli produk dan juga merasakan produk yang sudah dibeli tersebut. apakah mereka akan puas atau kecewa setelah membeli. Hal ini akan dialami oleh setiap orang dalam berbisnis dan menjadi kewajiban entrepreneur untuk bisa mengetahui dengan baik.

Perilaku konsumen inilah yang mulai dipahami oleh entrepreneur. khususnya perilaku konsumen dari berbagia negara yang menjadi target pasar. Korea Selatan sebagai contoh adalah negara dengan perilaku konsumen yang sangat berbeda dengan Indonesia. Mereka dipengaruhi oleh diri mereka sendiri dan juga lingkungan yang terdiri dari lingkugan keluarga, lingkungan perusahaan, lingkungan pesaing, distributor perusahaan, politik, ekonomi, sosial, budaya, teknologi serta  geografi.

Pemahaman akan hal ini akan mempermudah entrepreneur untuk membuat produk yang sesuai dengan need, want dan demand konsumen. Hal ini juga akan menjadi modal yang sangat baik untuk bisa unggul dibandingkan dengan pesaing. Sudah waktunya entrepreneur untuk mulai mendalami target market dengan baik.


Membaca profil negara, sejarah negara dan juga penduduk negara tersebut akan membuat pemahaman terhadap target market di negera tujuan menjadi jauh lebih baik. Inilah pelajaran yang sangat berharga dari ulasan Nubiz, yang muda yang berbisnis minggu lalu. 
Tulisan di www.nubizontv.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: