Seringkali orang mengajak saya beriklan di berbagai media yang digunakan untuk mempromosikan produk berupa barang atau jasa mereka. Apalagi akhir-akhir ini media iklan yang berhubungan dengan sosial media dengan optimasi untuk meningkatkan traffic orang yang melihat, mendengar produk dari para entrepeneur. Asyik juga karena berhubungan dengan konsep promosi yang harus dijalankan oleh para entrepeneur dalam berbisnis.
            Seiring dengan semakin berkembangnya media internet di kalangan masyarakat saat ini, menimbulkan dampak yang luar biasa kepada kegiatan promosi yang dilakukan enterpeneur, apalagi dalam skala biaya yang sangat murah, tentu menjadi daya tarik yang luar biasauntuk memanfaatkan media ini untuk beriklan. Tidak bisa dipungkiri ketika entrepeneur berbondong-bondong beriklan disana.



            Berkaca kepada apa yang dilakukan anak muda saat ini, ada satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika menggunakan media ini untuk berpromosi. Kenapa demikian, tetap yang menjadi kerangka berfikir entrepreneur dalam berpromosi adalah bagaimana kegiatan ini bisa memberikan pengaruh yang optimal untuk menvapai tujuan promosi yaitu attention, interest, desire, action, puas dan loyal. Ini adalah tujuan yang hendak dicapai oleh etntrepeneur dalam berpromosi dan tinggal ditetapkan tingkatan yang hendak dicapai.
            Untuk mencapai tujuan tersebut, satu hal yang perlu diperhatikan selain medianya adalah message atau pesan yang akan disampaikan di promosi. Pesan menjadi kunci keberhasilan promosi oleh entrepeneur. Apa saja yang harus disampikan dalam beriklan dengan menggunakan berbagai media tersebut?
            Pertama adalah functional benefit dari produk berupa barang atau jasa yang dihasilkan oleh para enterpeneur. Benefit ini berhubungan dengan manfaat nyata yang bisa didapatkan oleh setiap entrepeneur dan dalam hal ini lebih kepada kualitas produk dan juga orang yang menjual produk tersebut. kedua hal ini sangat penting dan mendasar bagi konsumen dan oleh karena itu, pelru di pesan promosi disampaikan dengan efektif dan efisien karena disana ada beberapa macam jenis konsumen.
            Konteks yang berhubungan dengan functional benefit ini harus diketahui dan dipahami oleh konsumen. Kualitas produk adalah dasarnya, karena jelas orang akan membeli produk-produk yang berkualitas dan mereka tidak akan peduli dengan yang lain bila kualitas produk yang ditawarkan tidak bisa memenuhi harapan mereka.
            Demikian juga dengan orang yang menjual atau memasarkan produk tersebut. Orang disini berhubungan dengan pihak yang menawarkan produk kepada para konsumen dan mereka sangat relevan dengan bagaimana setiap orang dalam perusahan memberikan layanan kepada konsumen. Penting untuk dipahami people atau orang sebagai functional benefit.
            Adapun emotional benefit berhubungan dengan bagaimana sisi emosi dipengaruhi melalui service dan image yang didapatkan oleh konsumen ketika membeli produk entrepeneur. Sisi ini sangat penting untuk diperhatikan, khususnya entrepeneru dalam kelompok masyarakat yang memiliki ekonomi yang menengah ke atas.
            Service menjadi point yang diperhatikan oleh konsumen untuk membeli produk etnrepeneur dan disinilah bagaimana kejelasan jasa yang ditawarkan tersebut. service harus distandarisasi oleh entrepeneur agar diterima sama oleh konsumen. Barulah yang terakhir berhubungan dengan image atau citra yang dihasilkan oleh entrepeneur bila konsumen membeli produk mereka.

            Sekarang, sudah saatnya entepreneur memilih pesan yang tepat dengan mengkomunikasikan functional benefit dan juga emotional benefit dalam produk mereka kepada konsumen. 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: