Sebagai seorang entrepreneur, tentu akan selalu dihadapkan kepada berbagai hal yang berhubungan dengan lingkungan bisnis yang selalu berubah, baik internal maupun eksternal. Karakteristik lingkungan tersebut adalah tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan bahkan mengalami turbulensi setiap saat dan ini akan menjadi peluang dan ancaman bagi bisnis masing-masing.

Kemaren sore, dalam sebuah pertemuan dengan beberapa pengusaha dan mereka kaget dengan perubahan lingkungan bisnis yang terjadi. Banyak hal yang tidak terduga sehingga membuat mereka kaget terhadap perubahan lingkungan ini. Saking kagetnya, bisnis yang mereka jalankan menjadi berantakan yang pastinya membuat banyak hal yang tidak terduga terjadi.



Kondisi ini rasanya akan selalu dihadapi oleh banyak  entrepreneur dalam berbisnis. Masalahanya, sejauh mana entrepreneur mampu menghadapi perubahan lingkungan ini dan tidak terjebak dengan ancaman yang diakibatkan oleh perubahan lingkungan tersebut. Ancaman yang nantinya akan berdampak kepada masa depan bisnis.

Salah satu hal yang mendasar yang perlu mendapat perhatian adalah bagaimana kekuatan managerial skill yang dimiliki oleh setiap entrepreneur dan juga leadership masing-masing sehingga bisa meminimalisir ancaman yang datang dan bahkan memanfaatkan peluang yang ada dari setiap perubahan lingkungan tersebut. Hal ini penting untuk menjadi perhatian karena tugas setiap entrepreneur bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Managerial skill yang dimaksud adalah bagaimana mereka meningkatkan skill dalam bidang operasional, human skill, conceptual skill dan juga global skill yang berhubungan dengan konteks binsis yang lebih luas dan memang harus dimiliki oleh setiap entrepreneur terhadap bisnis mereka. tidak bisa dipungkiri bagaimana skill tersebut bila tidak dimiliki entrepreneur.

Kuatkan dan tingkatkan bisnis melalui penguatan managerial skill ini dan dari setiap perubahan lingkungan, akan bisa dimanfaatkan menjadi sebuah peluang karena pada hakekatnya seorang entrepreneur hidup dari analisis mereka terhadap perubahan lingkungan dan merubahnya atau menciptakannya sebagai sebuah peluang untuk bisnis sehingga bisnisnya menjadi lebih besar.

Pertanyaannya, sejauh mana entrepreneur saat ini mulai peduli terhadap peningkatkan managerial skill mereka? sudah waktunya membuka kesadaran tentang peningkatkan managerial skill, khususnya yang berhubungan dengan  hard competency skil dan soft competency skill yang digunakan untuk menghadapi perubahan lingkungan …. Bagaimana dengan anda? hmmmmm

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: