Setiap binaan program CSR dan PKBL perlu dikembangkan bisnisnya melalui berbagai kesempatan untuk bisa menampilkan produk-produk mereka kepada target market. Kesempatan yang pastinya sangat penting karena berhubungan dengan sejauh mana entrepreneur dan produk mereka dapat dikenali oleh banyak orang sehingga produk-produk tersebut menjadi pilihan banyak orang.

Kesempatan promosi yang terjadi saat ini berhubungan dengan bagaimana mereka dapat memiliki waktu menampilkan keunggulan produk masing-masing. Dalam kenyataannya, kesempatan ini langka dan harus berbayar dengan biaya yang tidak sedikit. Bayangkan saja ketika binaan harus menyewa tempat untuk mengikuti pameran dengan biaya 10 juta untuk waktu dua minggu.



Tentu biaya ini akan menjadi beban yang tidak sedikit dan bagi entrepreneur, mereka wajib mengeluarkan biaya tersebut. Apa jadinya kalau pameran tidak bisa menghasilkan penjualan sesuai dengan harapan mereka. Sementara, uang tersebut sebenarnya bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang bisa dijual pada saat itu.

Disinilah peran pengelola Program CSR dan PKBL terhadap binaan mereka. Kesempatan untuk mereka bisa mengikuti promosi menjadi sangat penting agar bisa menampilkan produk tersebut. Bahkan ini sangat jauh dan besar artinya bagi setiap entrepreneur yang nota bene adalah binaan perusahaan.

Caranya adalah bagiamana mereka bisa mengikuti program promosi yang diselenggarakan oleh pihak lain. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti program-program promosi berupa pameran yang diadakan oleh pihak lain. Sebagai contoh, program Gelar 1000 produk Wirausaha Baru Jawa barat yang sudah berlangsung 14 Maret 2015 kemaren yang diselenggarakan oleh Dinas KUMKM Jabar.

Hal ini penting bagi entrepreneur agar mereka bisa menampilkan produk-produk unggul. Tentu tidak bisa semuanya akan mengikutinya, akan tetapi, dengan seleksi terhadap binaan, akan membuka kesempatan untuk setiap entrepreneur mengikuti prosedur yang ada. Terlihat mereka sangat senang dengan kesempatan ini.

Cara lainnya adalah membuat pameran sendiri sehingga dapat dikelola dan difokuskan kepada entrepreneur atau binaan mereka. Acara ini tentu bisa lebih baik dan memberikan value tersendiri bagi entrepreneur dan juga perusahaan yang menyelenggarakan program CSR ataupun PKBL. Branding bagi perusahaan juga menjadi penting dan bersifat stratejik.


Inilah salah satu aktivitas yang penting untuk diperhatikan oleh pengelola program CSR/PKBL agar bisa memberikan value yang optimal bagi mereka dan bahkan nantinya memberikan value bagi setiap perusahaan itu sendiri..

Tulisan ada di www.strabiz.com 
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: