Rasanya, hal ini perlu dilakukan perenungan karena sudah mau tiga tahun GIMB menunjukkan aktivitas kepada stakeholder yang notabene adalah pihak-pihak yang sangat berkepentingan terhadap pengembangan entrepreneur sukses di Indonesia. Aktivitas yang selama ini sudah memberikan value bagi banyak orang, akan tetapi, tetap perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan secara terus menerus agar tetap menghasilkan entrepreneur berbasis pengetahuan yang jelas mampu membuat bisnis mereka tumbuh dan berkembang.

Salah satu hal mendasar dalam bisnis itu adalah bagaimana pengembangan bisnis setiap GIMBers bisa menjadi semakin efektif dan efisien. Desain yang menuntut bagaimana setiap stakeholders dalam pengembangan entrepreneur bisa masuk dalam setiap aktivitas tersebut dan mampu memberikan kontribusi optimal untuk mereka masing-masing selama pengembangan bisnis entrepreneur dilakukan oleh GIMB Foundation.


Desain ini menyangkut beberapa hal yang pastinya perlu disinergikan untuk mencapai hasil yang optimal. Pertama, bagaimana setiap entrepreneur mendapatkan kontribusi optimal dari stakeholder yang relevan dengan bisnis mereka. Stakeholders yang paling penting bagi entrepreneur adalah para akademisi yang memiliki konsep dan teori yang kuat dalam pengembangan entrepeneurship.

Mereka perlu dioptimasi secara optimal sehingga entrepreneur mendapatkan sharing pengetahuan bisnis dan manajemen secara optimal melalui diskusi dan sharing setiap saat ketika mereka membutuhkan para akademisi. Oleh karena itu, perlu di link kan lagi dengan pihak kampus yang setiap saat melakukan penelitian yang relevan dengan fakta di lapangan bisnis itu sendiri.

Kontribusi yang sangat penting adalah pelaku bisnis yang memiliki program CSR dan PKBL yang pastinya sudah diarahkan untuk memberikan pelatihan, pembinaan dan pendampingan serta kredit untuk pendanaan bisnis entrepreneur. Fasilitas ini harus dimanfaatkan dan disinergikan dengan program yang ada di GIMB Foundation.

Kontribusi lainnya adalah pemerintah yang sejatinya menjadi stakeholder kunci untuk menjaga bisnis bisa tetap eksis ketika lingkungan bisnis lainnya dalam kondisi bermasalah. Apalagi dalam kondisi seperti sekarang ini dimana ekonomi yang ditandai oleh nilai rupiah yang melemah terhadap dolar dan juga kenaikan BBM serta inflasi yang tinggi. Tidak bisa dipungkiri pemerintah bisa bertahan menghadapi masalah ini.

Kontribusi komunitas perlu mendapatkan perhatian lebih karena mereka itu memiliki kepentingan yang sama dalam berbisnis sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai fondasi untuk mencapai kesuksesan. Fondasi yang harus dimanfaatkan untuk kesamaan cara pandang, kesamaan untuk berbagi dan bahkan saling membantu untuk mengembangkan bisnis berupa transaksi bisnis.

Demikian juga dengan perbankan yang akan sangat penting ketika entrepreneur bermaksud untuk mengembangkan bisnis. Perbankan itu akan membantu entrepreneur dalam mengelola bisnis dan mendapatkan pendanaan yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis itu kedepan. Tidak bisa dipungkiri bahwa perbankan itu harus dimanfaatkan oleh setiap entrepreneur untuk bisnis mereka. 

Tulisan ada di www.gimbers.com
Share To:

meriza hendri

Post A Comment: