Rasanya, kalimat ini patut di sampaikan oleh entrepreneur ketika melihat bagaimana perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat dan pastinya akan sangat berpengaruh kepada bisnis mereka masing-masing. Perubahan lingkungan bisnis yang terihat dari aspek kenaikan nilai tukar DOlar terhadap rupiah. Tentu hal ini sebuah fakta yang tidak bisa ditolak oleh entrepreneur ketika mereka sudah berkomitmen untuk menjadi entrepreneur .


Tentu kenaikan dolar terhadap rupiah sebagai sebuah temuan yang tidak bisa dihindari. Hanya saja, sebagai seorang entrepreneur, kreatifitas dan inovasi menjadi dasar yang kuat agar bisa meminimalisir ancaman yang ada dan juga bahkan menemukan peluang yang bisa dimanfaatkan ketika itu terjadi. Jangan pernah menyerah dalam konteks entrepreneur karena inilah hakekat seorang entrepreneur.

Kreativtas yang dilakukan oleh entrepreneur tentu berhubungan dengan bagaimana mereka harus mendapatkan ide-ide yang brillian agar bisa terus mencapai keunggulan bersaing dalam bisnis karena pastinya semua entrepreneur menghadapi hal yang sama, akan tetapi yang berbeda adalah bagaimana mereka menghadapi pelemahan rupiah ini.

Setiap entrepreneur akan menerapkan jurus yang terbaik. Intinya, mereka akan mengembangkan kreativitas setinggi mungkin agar bisa menemukan ide yang paling baik dan paling memberikan manfaat yang paling tinggi. Tidak bisa dipungkiri bahwa ide –ide ini akan bisa memberikan value yang optimal agar mereka bisa tetap memiliki daya saing yang tinggi ditengah perubahan lingkungan bisnis.

Ide yang paling penting adalah bagaimana kenaikan nilai dolar ini bisa ditanggulangi dengan baik dan tidak merambat kepada hal-hal yang lain. Salah satunya adalah melakukan pemetaan terhadap dampak dari kenaikan nilai dolar ini terhadap bisnis. Setiap dampak atau resiko yang timbul harus diperhitungkan dan dianalisis dengan baik agar tidak memberikan dampak yang liar.

Pemetaan ini juga akan memberikan nilai untuk melihat pengaruh masing-masing dampak kepada bisnis itu sendiri. Tentu akan berbeda-beda pengaruhnya akan tetapi tetap saja akan berpengaruh. Yang paling besar pengaruhnya, harus diprioritaskan dengan memilih strategi yang paling tepat.

Setelah itu, barulah entrepreneur mulai memilih strategi yang paling tepat untuk menganggulangi dampak dari kenaikan dolar tersebut. Pemilihan akan semakin baik ketika langkah-langkah itu bisa dilaksanakan dengan baik. Implementasi akan sangat penting daripada strategi atau perenanaan yang dibuat sesempurna mungkin. Bagaimana dengan anda?...... hmmm…

Share To:

meriza hendri

Post A Comment: